Sabtu 23 May 2015 09:50 WIB

Miris, Delapan dari Sepuluh Remaja Dinyatakan tidak Bugar

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Olahraga agar tubuh bugar (ilustrasi)
Foto: the88sj.com
Olahraga agar tubuh bugar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia SeGar (Sehat dan Bugar) yang diprakarsai oleh Cola-Cola melakukan serangkaian tes dalam kegiatan Aktivity Day menghasilkan fakta bahwa delapan dari sepuluh remaja tidak bugar.

Kegiatan tersebut dilakukan di sekolah yang melibatkan 1.000 siswa SMP dan SMA di lima wilayah DKI Jakarta tahun 2014. Hasil ini didapat melalui tes kebugaran jantung dan Paru dengan metode Bleep Test.

Jika dibandingkan antara siswa SMP dan SMA, ternyata siswa SMP lebih tidak bugar daripada siswa SMA. 88 persen siswa SMP yang mengikuti tes berada dalam kondisi tidak bugar. Hal ini bisa dilihat dari perentase 74 persen siswa menghabiskan waktu lebih dari dua jam hanya untuk menonton televisi atau bermain games di gadget.

Dalam masalah berat badan, 24 persen siswa mengalami kelebihan berat badan, dan lebih dari 50 persen siswa memiliki kelenturan tubuh yang buruk.

"Banyak dari kita yang berasa bertubuh sehat, namun nyatanya tidak semuanya itu bugar," ujar dr. Andi Kurniawan, Sp. KO saat ditemui ROL belum lama ini.

Kondisi tubuh yang sehat belum tentu dinyatakan bugar. Bugar dalam kondisi ini berarti seseorang yang mampu melakukan kegiatan sehari-hari dengan penuh tenaga dan semangat. Bahkan setelah melakukan suatu kegiatan orang tersebut masih memiliki tenaga untuk melakukan kegiatan-kegiatan lain yang sifatnya mendadak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement