Jumat 15 May 2015 19:36 WIB

Masih Enggan Konsumsi Buah, Yuk Lihat Manfaatnya

Rep: Desy susilawati/ Red: Agung Sasongko
Letakkan buah-buahan dalam mangkuk yang mudah dijangkau. Cara ini membantu meningkatkan konsumsi buah sehari-hari.
Foto: sheknows
Letakkan buah-buahan dalam mangkuk yang mudah dijangkau. Cara ini membantu meningkatkan konsumsi buah sehari-hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buah-buahan memiliki rasa alami. Ada yang manis dan asam. Warnanya pun beragam, ada yang merah, hijau, kuning, ungu, cokelat, dan oranye.

Selain itu, buah juga kaya akan manfaat, tinggi akan vitamin dan serat. Buah juga rendah kalori dan rendah lemak. Karena itu, buah merupakan makanan camilan ideal untuk bergaya hidup sehat.

Seperti apa manfaat buah? Simak bahasannya seperti dilansir laman allwomenstalk¸Jumat (15/5).

Apel

Apel merupakan salah satu buah yang paling digemari masyarakat. Rasanya manis. Apel juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Daging buahya memiliki tektur sedikit keras. Sedangkan kulitnya, terutama untuk apel yang berwarna merah memiliki kandungan serat yang luar biasa. Apel mengandung 75 kalori.

Pisang

Pisang, tak kalah enaknya dengan apel. Pisang pada umumnya memiliki kulit luar berwarna kuning, sedangkan dagingnya berwarna putih. Teksturnya pun berbeda dengan apel, daging pisang lebih lembek dibanding apel. Bentuknya pun memanjang. Pisang juga bermanfaat bagi kesehatan. Pisang kaya akan vitamin dan mineral. Selain baik untuk orang dewasa, pisang juga cocok untuk bayi enam bulan keatas. Jumlah kalori yang terdapat dalam pisang hanya 60 kalori.

Pir

Pir buah ini tekturnya hampir sama dengan apel. Buahnya agak keras, namun perbedaanya pada pir terdapat butiran-butiran didaging buahnya. Beberapa spesies pohon pir menghasilkan buah yang enak dimakan karena mengandung banyak air, masir dan manis. Biasanya pir berwarna hijau dan kuning. Namun ada juga pir yang hijau kemerahan. Pir yang berukuran sedang mengandung sekitar 100 kalori.

Semangka

Ditengah cuaca terik, mengkonsumsi semangka merupakan salah satu solusi tepat. Buah yang banyak mengandung air ini sangat segar. Rasanya manis dan enak. Kulit semangka keras dan berwarna hijau. Sedangkan isinya berwarna merah dan adapula yang berwarna kuning. Didalamnya ada biji yang menyerupai biji bunga matahari bahkan ada semangka yang tanpa biji. Satu cangkir semangka mengandung 50 kalori dan kaya akan vitamin juga mineral.

Nanas

Nanas, buah ini rasanya menyegarkan. Umumnya nanas rasanya asam, tapi ada juga yang manis. Buah berwarna kuning ini enak dimakan mentah, tapi enak juga jika dijadikan tambahan es buah, topping kue, bahkan rujak buah. Nanas merupakan salah satu buah yang harus Anda konsumsi, karena memiliki kemampuan untuk membantu sistem pencernaan dan mengurangi peradangan. Satu cangkir nanas potong mengandung 75 kalori.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement