Ahad 26 Apr 2015 08:05 WIB

Kebiasaan Ini Ternyata Merusak Rambut

Rambut Indah (Ilustrasi)
Foto: Womanitely
Rambut Indah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkadang kita memiliki kebiasaan yang tanpa kita sadari dapat merusak rambut kita. Seperti yang dilansir dari marieclaire.com, 12 kebiasaan ini dapat merusak rambut. Hindarilah kebiasaan tersebut.

1. Lupa Membersihkan Alat Kecantikan

Peralatan kecantikan, seperti sisir, pelurus rambut, dan pengeriting rambut yang kotor akan merusak rambut yang bersih. Kulit kepala dapat teriritasi. Pori-pori juga tersumbat.

2. Tidur Pakai Sarung Bantal Katun

Sarung bantal katun menyerap kelembaban dari tubuh kita. Sarung bantal yang paling baik adalah yang terbuat dari sutra. Selain lembut, sutra juga menyejukan.

3. Panas-panasan

Sebelum berjemur, pastikan anda memakai SPF di seluruh tubuh yang terekspos matahari, Pastikan juga memakai leave-in conditioner untuk melindungi rambut.

4. Mengeringkan Rambut dengan Handuk

Bagi anda yang memiliki rambut keriting, hindari mengeringkan rambut dengan handuk. Kenapa? Rambut yang keriting cenderung lebih kering dari tipe rambut lainnya. Kain yang keras akan merusak kutikel pada rambut sehingga rambut jadi pecah-pecah. Gunakanlah kaos katun atau handuk dari microfiber untuk mengeringkan rambut.

5. Menyisir rambut kusut

Menyisir rambut yang kusut hanya akan menyakiti rambut. Gunakanlah sisir sikat yang memiliki bantalan yang empuk untuk merapikan rambut yang kusut.

6. Pola Makan Buruh

Jika ingin mendapatkan rambut yang bersinar, pastikan akan meminum air yang cukup dan mengonsumsi vitamin A, C dan E.

7. Memakai Kacamata di Atas Kepala

Kebiasaan meletakan kacamata di atas kepala usai menggunakannya ternyata dapat merusak folikel rambut. Selain tekanannya dapat merusak rambut, melakukan hal tersebut juga berisiko mencabut helaian rambut yang terjepit pada kacamata.

8. Keseringan Keramas

Ini bergantung pada tipe rambutnya. Beberapa orang yang beruntung dapat keramas tiap hari tanpa mengalami dampak negatif. Namun, bagi mereka yang memiliki rambut tebal yang mudah kering, hal ini dapat merusak rambut.

9. Keseringan Mewarnai Rambut

Mewarnai rambut setiap empat hingga enam minggu sekali masih normal. Rambut akan rusak jika anda mewarnai rambut tiap dua minggu sekali. Bahan kimia yang terdapat dalam pewarna rambut membuat rambut lebih lemah.

10. Melupakan Kulit Kepala

Kulit kepala yang sehat adalah kunci dari rambut yang sehat. Pijatlah kulit kepala sekali-sekali.

11. Keseringan Pakai Sampo Kering

Sampo kering berguna bagi anda yang terburu-buru. Namun, pemakaiannya jangan terlalu sering karena dapat membuat rambut tampak kusam dan juga dapat menutup pori kulit kepala. Ujung-ujungnya, kulit kepala akan berjerawat.

12. Mengikat rambut terlalu kencang.

Mengikat rambut terlalu kencang sama saja dengan membunuh rambut anda. Hindari menata rambut dengan tatanan yang telalu ketat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement