Senin , 06 April 2015, 04:30 WIB

Taruh Bawang di Kaki, Resep Detoksifikasi Ala Cina

Rep: C09/ Red: Indah Wulandari
Republika/Prayogi
Pekerja memilih bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati, Jalarta, Selasa (10/2). (Republika/Prayogi)
Pekerja memilih bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati, Jalarta, Selasa (10/2). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Dalam pengobatan Cina, diyakini kaki memiliki kontak langsung dengan semua organ internal di dalam tubuh. Di sisi lain, bawang merah dan bawang putih memiliki penyerapan besar terhadap bakteri dan dapat membersihkan tubuh.

Dilansir dari healthyfoodteam.com, penduduk Cina mengombinasikan kedua hal tersebut dalam proses detoksifikasi yang murah dan sederhana. Meski tidak semua orang percaya, namun dunia medis membenarkan jika kaki terhubung langsung dengan sistem saraf.

Kaki memiliki sekitar 7.000 titik saraf yang langsung menuju ke organ-organ internal. Titik-titik tersebut adalah ujung yang sangat penting, yang sering diabaikan karena kita memakai sepatu sepanjang hari. Sehingga saraf tidak dirangsang dengan benar.

Salah satu cara tradisional terbaik untuk mendapatkan perawatan baik bagi saraf di kaki yang mengarah ke seluruh tubuh adalah dengan bawang. Jika ingin membersihkan tubuh pun, kita tidak perlu melakukan apa-apa, seperti sauna.

Kita hanya perlu memotong irisan tebal bawang merah dan menempatkan potongannya di telapak kaki dilapisi dengan kaus kaki. Hal ini bisa dilakukan saat kita tidur.

Diketahui bawang merah dapat membersihkan kulit, karena dapat membunuh kuman dan bakteri. Bawang merah juga mengandung asam fosfat, yang menyebabkan kita menangis, namun baik bagi aliran darah.