Selasa 07 Oct 2014 13:12 WIB

Empat Manfaat Kesehatan Madu (2-Habis)

Lebah, penghasil madu.
Foto: Reuters
Lebah, penghasil madu.

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang menggemari madu karena rasanya. Pemanis alami memang banyak manfaatnya, mulai dari sebagai pengental saus hingga sebagai penyeimbang rasa.

Tak hanya berguna untuk memberi rasa pada makanan, madu juga kaya manfaat. Berikut empat alasan menambahkan madu dalam makanan sehari-hari, seperti dikutip dari Huffington Post.

* Memperindah rambut

Kulit kepala Anda kering? Madu mungkin bisa jadi solusinya. Studi dalam European Journal of Medical Research menulis tentang percobaan penggunaan cairan yang berisi madu crude (madu yang komposisinya 90 persen dicampur air hangat) pada 30 orang dengan seborrheic dermatitis, kondisi kulit kepala yang berketombe parah dan kulit kepala yang gatal. Mereka juga umumnya memiliki lesi.

Peneliti meminta separuh partisipan menggunakan madu di lesi setiap hari selama empat minggu. Hasilnya, gatal berkurang dan kulit kepala bersisik menghilang dalam satu pekan. Sedangkan lesi di kulit hilang sepenuhnya dalam dua pekan.

* Meningkatkan energi

Ada miskonsepsi kalau karbohidrat tidak baik. Masalahnya, karbohidrat ditemukan dalam berbagai makanan, termasuk buah, sayur, dan kacang-kacangan. Plus, sistem pencernaan membutuhkan karbohidrat untuk menghasilkan glukosa, yang akhirnya mengirim energi ke sel, tisu, dan organ tubuh.

Dengan kandungan 17 gram karbohidrat per satu sendok makan, madu menjadi salah satu sumber makanan yang bisa dipilih saat tubuh sedang kurang berenergi. Madu juga sangat baik sebagai kudapan sebelum atau sesudah berolahraga.

Selain merupakan sumber karbohidrat yang kaya antioksidan, madu bekerja sebagai bahan bakar yang dilepas perlahan. Memberikan atlet kadar gula darah yang lebih stabil dan level insulin yan lebih panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement