Selasa 30 Sep 2014 10:48 WIB

Sayuran Kaya Gizi yang Sering Diabaikan

Ladang kol
Foto: Reuters
Ladang kol

REPUBLIKA.CO.ID, Kale sedang digadang-gadang sebagai sayuran paling super. Di Indonesia, kale tidak mudah didapat, tapi itu tidak menghalangi para penyuka pola hidup sehat untuk mencari sayuran kale.

Sebenarnya, seperti dilansir dari laman Shape, ada sayuran lain yang tidak kalah kandungan nutrisinya. Harganya juga sangat murah (bila dibandingkan dengan kale). Sayuran itu adalah kol.

Kalori dalam kol sangat rendah. Satu cangkir kol mentah hanya memiliki 18 kalori. Kol juga kaya kandungan anti-kanker. Selain dijadikan lalapan, ada banyak cara mengolah kol jadi hidangan lezat.

Dibakar

Kol hijau bisa jadi pilihan sayur untuk barbecue. Letakkan kol di rak di atas sumber api dan masak hingga daunnya mengkaramel, ditandai dengan munculnya rasa manis dan aroma smoky. Jika kol sampai terbakar itu normal, kupas saja dan siap dimakan. Biarkan dingin dan gunakan sebagai campuran salad bersama pir, apel, keju, dan saus salad pilihan. Besok, cincang kol dan makan sebagai pendamping lauk.

Panggang

Anda bisa memanggang kol utuh di oven. Belah dua dan letakkan bagian yang terbelah di wadah yang telah dibumbui. Masak hingga bagian luarnya tampak matang atau agak terbakar, kira-kira selama 45 menit.

Percepat proses masak dengan menambahkan air ke wadah. Cara ini membuat kol terkukus dan terpanggang pada saat bersamaan.

Masak dengan sedikit air

Masak kol dengan wadah yang ditutup, campurkan dengan bawang, rempah-rempah, dan minyak. Masak selama 15 hingga 20 menit.

Buat jadi selada

Potong tipis kol merah dan campurkan dengan buncit, wortel parut, kismis, dan kacang cincang. Bumbui dengan cuka apel dan tambahkan daun segar berupa mint, marjoram, dan parsley

Potong tipis

Gunakan kol mentah, jadinya salad yang terinspirasi menu Asia Tenggara. Tambahkan kacang, wortel, daun mint cincang, dan ketumbar. Bumbui dengan cuka yang ditambahkan kecap ikan, perasan jeruk nipis, jahe, dan minyak wijen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement