Senin 22 Sep 2014 07:00 WIB

Sakit Tenggorokan? Atasi dengan Cara Alami Ini (2-Habis)

Sakit tenggorokan/ilustrasi
Foto: vocaleze.com
Sakit tenggorokan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Tenggorokan yang terasa sakit adalah tanda-tanda pertama munculnya flu, atau efek samping dari terlukanya pita suara. Tenggorokan yang sakit juga bisa merupakan indikasinya munculnya penyakit yang lebih serius, seperti radang kerongkongan.

Apapun penyebabnya, tenggorokan yang sakit harus segera diobati. Ahli penyakit dalam dari Brigham and Women's Hospital di Boston, seperti dikutip dari laman Health, Jeffrey Linder, membagi cara alami mengobati sakit tenggorokan.

* Teh

Kalau bosan dengan air putih, secangkir teh hangat bisa menawarkan kenyamanan bagi penderita sakit tenggorokan. Apalagi bila teh yuang diminum dibuat dari teh hitam, teh hijau, atau teh putih. Teh jenis tersebut mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan kekuatan tubuh untuk melawan penyakit.

Untuk khasiat lebih, tambahkan madu. Madu juga mengandung antibakteri yang bisa membantu.

* Sup ayam

Makanan yang satu ini sudah lama diresepkan untuk membantu melawan penyakit. Sup ayam dikatakan Linder mengandunh sodium yang mengandung antiperadangan. Dan rasanya juga enak untuk ditelan.

Tambahan lain dari manfaat sup adalah, sup mudah dimakan. Ketika sakit makan bisa jadi terasa sulit, terutama jika tenggorokan bengkak. Menyeruput sup alias memakanan cairan tak hanya lebih mudah, tapi juga memastikan nutrisi yang dibutuhkan diasup tubuh.

* Istirahat

Mungkin ini bukan solusi tercepat, tapi istirahat adalah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk melawan infeksi yang menyebabkan tenggorokan sakit. ''Penyebab utama tenggorokan sakit adalah virus flu. Dan kita semua tahu tak ada yang bisa dilakukan untuk melawan virus flu begitu ia masuk tubuh. Memastikan tubuh mendapat istirahat akan membantu melawan virus sehingga bisa lebih cepat sembuh,'' katanya memaparkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement