Jumat 19 Sep 2014 06:29 WIB

Apakah Mengenakan Bra Saat Tidur Buruk?

Bangun tidur lebih cantik/ilustrasi
Foto: boldsky.com
Bangun tidur lebih cantik/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah mengenakan bra saat tidur merupakan kebiasaan buruk? Pertanyaan tersebut mungkin pernah diajukan setiap perempuan. Rumor pun menyebut, mengenakan bra saat tidur bisa menyebabkan kanker payudara. Atau menyebabkan payudara turun karena melemahkan jaringan-jaringan dalam payudara.

Selain kenyataan kalau mengenakan bra saat tidur kurang nyaman, sebenarnya tidak ada bukti kalau terdapat efek kesehatan yang negatif akibat mengenakan bra saat tidur.

Amber Guth MD, profesor di bidang bedah dan direktur Breast Cancer Surgery Multidisciplinary Fellowship di NYU Langone Medical Center, seperti dikutip dari Huffington Post, mengatakan tidak ada bukti kalau tidur mengenakan bra berbahaya atau tidak.

Kabar kalau memakai bra saat tidur memicu kanker dimulai dengan buku terbitan 1995 berjudul 'Dressed to Kill', yang menulis kebiasaan memakai bra yang ketat tiap hari meningkatkan risiko kanker payudara. Sebab bra menekan sistem limfatik yang menjebak racun dalam tubuh. namun tidak pernah ada penelilian ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Secara umum, memakai bra tidak akan ada efeknya kepada kanker payudara. Sebuah studi terbaru menemukan tidak ada hubungan antara risiko kanker payudara dan mengenakan bra diantara perempuan yang telah menopause.

''Risikonya juga sama antara berapa banyak waktu per hari perempuan memakai bra, apakah mereka memakainya dengan kawat atau kapan ia mulai pertama memakai bra,'' ujar Lu Chen, peneliti dari Public Health Sciences Division di Fred Hutchinson Cancer Research Center.

Tak hanya itu, peneliti juga tidak menemukan manfaat nyata dari mengenakan bra saat tidur. Kebiasaan itu tidak akan membuat payudara tidak kendur. Adalah waktu, faktor gravitasi, kehamilan, dan menyusui yang menjadi perubahan payudara berubah, seperti mengendur.

Perempuan dengan payudara besar, cup ukuran D atau lebih, namun disarankan mengenakan bra saat tidur di malam hari sebagai sokongan bagi payudaranya. Jika memutuskan mengenakan bra saat tidur, pilih bra yang lembut tanpa kawat. Mengenakan bra yang terlalu ketat saat tidur bisa menyebabkan iritasi payudara atau membuat perempuan jadi susah tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement