Kamis 18 Sep 2014 19:13 WIB

Cegah Flu dengan Bawang Putih

Bawang putih
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Bawang putih

REPUBLIKA.CO.ID, Bawang putih. Bahan masakan yang satu ini selalu tersedia di dapur rumah mana pun di dunia. Bawang putih pun kerap disebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Selain berguna untuk memberi rasa pada masakan, seperti dikutip dari laman Healthmeup, bawang putuh banyak digunakan sebagai obat atau untuk merawat kulit. Selama berabad-abad lamanya, bawang putih banyak digunakan sebagai ramuan obat tradisional.

Manfaat bawang putih masih berlanjut, mulai dari untuk kesehatan hingga kecantikan.

* Menyembuhkan flu

Memakan bawang putih membantu melawan demam, batuk, asma, infeksi dada, dan penyakit yang banyak muncul saat musim dingin. Memakan bawang putih saat itu pun membantu mendongkrak sistem imunitas tubuh dan mencegah Anda terkena penyakit.

Bawang putih mengurangi dampak dari infeksi saluran pernapasan, bahkan menyembuhkan bronkitis kronis.

* Menghilangkan jerawat

Menggosok-gosokkan bawang putih mentah pada jerawat membantu menghilangkannya. Bawang putih kaya antioksidan yang bisa membersihkan kulit. Bila kulit ternyata tidak kuat terhadap gosokan bawang putih, Anda bisa memakannya untuk mendapat manfaatnya.

* Melawan bakteri dan virus

Bawang putih mengandung bahan antibakteri dan antivirus. Pada Perang Dunia I, tentara menghancurkan bawang putih dan meletakkannya di atas luka untuk mencegah infeksi. Bawang putih juga membunuh bakteri seperti salmonella dan E Coli, yang bisa menyebabkan keracunan makanan.

* Mencegah kerontokan rambut

Bawang putih juga kaya allicin, senyawa sulfur yang membantu mencegah rambut rontok. Gosokkan bawang putih mentah di kulit kepala. Atau pijat kulit kepala dengan minyak yang diinfus bawang putih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement