Rabu 17 Sep 2014 12:00 WIB

Daripada Bergosip, Yuk Beraktivitas Sehat Saat Jam Makan Siang (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Membaca buku bisa jadi salah satu alternatif aktivitas saat istirahat jam kantor.
Foto: Raisan Al Farisi/Republika
Membaca buku bisa jadi salah satu alternatif aktivitas saat istirahat jam kantor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jam makan siang di kantor bisa berlangsung 1,5-2 jam setiap harinya. Meskipun Anda merasa lebih nyaman kembali ke meja kerja sembari bergosip dengan rekan-rekan sejawat, Anda sebetulnya tetap bisa melakukan hal-hal bermanfaat dan sehat di jam makan siang.

Cobalah beberapa dari 10 hal sehat berikut yang bisa Anda lakukan saat waktu makan siang, seperti dilansir dari Womanitely, Rabu (17/9).

1. Olah raga

Salah satu hal paling sehat yang bisa Anda lakukan selama istirahat makan siang adalah berolah raga. Anda mungkin tidak ingin menurunkan berat badan, namun siapa bilang berolah raga hanya untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan?

Memulai berolah raga ringan selama jam makan siang akan membuat Anda lebih sehat dan penuh energi untuk menyelesaikan tugas-tugas sulit. Bahkan, jika olah raga itu sekadar jalan cepat atau melakukan beberapa sit-up, tubuh tetap akan mengucapkan terima kasih pada Anda.

2. Tidur siang

Jika Anda merasa lelah, stres, dan kewalahan, maka tidur siang singkat di jam istirahat adalah cara paling mengagumkan untuk mengembalikan energi dan meningkatkan produktivitas. Mobil Anda yang ada di parkiran, atau sofa di ruangan istirahat, hingga meja kerja Anda bisa menjadi sandaran sempurna untuk tidur siang. Rekan kerja Anda bahkan akan terkejut mengetahui Anda masih mempunyai energi ekstra setelah siang menjelang sore.

3. Baca buku

Anda mungkin berpikir bahwa membaca buku bukanlah hal sehat yang dilakukan selama jam istirahat makan siang, namun itu jauh lebih baik ketimbang berselancar di internet. Tidak hanya karena membaca adalah hobi menakjubkan, tetapi juga mengaktifkan pikiran Anda, meningkatkan kemampuan berbicara, menulis, dan membaca. Selain itu, membaca buku yang bagus akan membantu mengalihkan pikiran Anda sejenak dari rutinitas kerja.

4. Luangkan waktu di luar kantor

Banyak juga orang yang tidak meninggalkan meja kerjanya selama istirahat makan siang, dan itu adalah kesalahan besar. Tidak peduli apakah Anda suka atau membenci pekerjaan Anda, tinggalkan gedung kantor untuk jalan-jalan atau sekadar duduk di bangku taman atau kantin. Anda akan merasa jauh lebih baik ketika kembali dari jam makan siang di luar, serta memiliki segudang energi dan motivasi untuk menyelesaikan tugas-tugas berikutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement