Selasa 16 Sep 2014 13:09 WIB

Sering Migrain? Lakukan Ini Agar Sakitnya Berkurang (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Olahraga zumba atau olahraga kardio lain bisa membantu mengurangi migrain.
Foto: Prayogi/Republika
Olahraga zumba atau olahraga kardio lain bisa membantu mengurangi migrain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Migrain adalah gangguan kronis berupa satu sakit kepala sebelah yang paling banyak dikeluhkan. Migrain ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat.

Penyebabnya sangat beragam, mulai dari makanan hingga lingkungan. Efek dari berbagai penyebab itu juga berbeda-beda pada setiap orang.

Jika Anda ingin mengurangi migrain yang sering menyerang, pertimbangkan enam kebiasaan berikut, dilansir dari the Health.com, Selasa (16/9).

1. Siapkan kudapan

Ketika kita menunggu terlalu lama antara waktu makan, kadar gula darah yang naik turun akan memicu migrain. Bawalah setidaknya makanan ringan untuk kudapan atau sekadar segenggam kacang-kacangan, buah kering organik, atau sayuran kering supaya perut Anda tidak terlalu kosong. Anda juga perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

2. Minum suplemen

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplementasi diet dengan vitamin B2, magnesium, koenzim Q10 (C0Q10) atau tumbuh-tumbuhan feverfew dan butterbur dapat membantu mencegah migrain. Hanya, Anda harus ingat bahwa jangan mencoba suplemen apapun terutama jika Anda sedang hamil atau menyusui kecuali atas resep dokter.

3. Pertahankan kardio

Dalam sebuah studi di Swedia, penderita migrain yang bersepeda di ruangan tiga kali sepekan mengalami sakit kepala dan nyeri kurang setelah tiga bulan. Jika Anda tidak suka kardio, jangan khawatir. Ada banyak kardio moderat, seperti zumba atau jogging, minimal tiga kali sepekan. Namun, lakukan itu secara perlahan, supaya tubuh Anda tidak kaget.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement