Senin 15 Sep 2014 10:35 WIB

Pria tak Butuh Kondom dan Vasektomi Lagi untuk Cegah Kehamilan, Pakai Apa?

Rep: c69/ Red: Israr Itah
Vasektomi dan Tubektomi (ilustrasi)
Foto: www.tanyadok.com
Vasektomi dan Tubektomi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON—Para peneliti dari Parsemus Foundation, sebuah organisasi non profit yang bergerak di bidang kesehatan, tengah mengembangkan cara terbaru untuk pria agar tidak menghamili wanita. Nanti, kaum pria tak perlu menggunakan alat kontrasepsi kondom ataupun menjalani operasi vasektomi. Cukup dengan melakukan injeksi.

Ya, Parsemus Foundation tengah mengadakan penelitian mendalam terhadap obat yang diberi nama Vasalgel. Obat berbentuk gel ini akan meniru cara kerja vasektomi. Bila dalam vasektomi pria perlu menjalani operasi untuk memutus aliran sperma secara permanen, maka Vasalgel tidak. Cairan ini akan menutupi vas deferens, saluran tempat sperma bergerak, secara temporer. 

Bila ingin membuka ‘sumbat’ vas deferens, tinggal menyuntikkan zat lainnya yang akan mengeluarkan Vasalgel ini. Seperti dilansir Metro, Vasalgel telah diuji pada babon dan kelinci.

Enam bulan lalu, peneliti menyuntikkan Vasalgel kepada tiga ekor babon jantan. Mereka kemudian diberi kesempatan untuk kawin dengan betinanya.  Tiga babun jantan itu dipindahkan ke kandang bersama 10-15 babon betina, sebulan yang lalu. Tak satu pun dari babon betina ditemukan hamil. 

Para peneliti sekarang berencana untuk mengeluarkan Vasalgel untuk memeriksa apakah sperma mulai mengalir kembali. Para peneliti berencana melakukan uji klinis dengan manusia tahun depan. Bila terbukti berhasil, Vasalgel akan diluncurkan pada 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement