Selasa 02 Sep 2014 09:00 WIB

Cara Alami Tangkal Flu

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Wanita bersin dan sedang flu (ilustrasi).
Foto: Republika/Amin madani
Wanita bersin dan sedang flu (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim pancaroba, yang sebentar panas sebentar hujan, membuat tubuh rentan sakit. Flu pun jadi mudah menyerang tubuh.

Flu tapi bisa diatasi dengan pendekatan proaktif, yaitu dengan mencegah flu hinggap. Seperti dilansir dari laman Health.com, Selasa (2/9), ada empat cara yang bisa dilakukan untuk menangkal flu secara alami. Terapkan cara ini agar Anda tidak perlu minum obat saat terserang flu.

1. Cuci tangan berulang kali

Tangan Anda membutuhkan perhatian. Gunakan sabun biasa dan pastikan Anda rajin mencuci tangan selama 15-20 detik setiap bersentuhan dengan sumber kuman.

2. Hindari tempat umum

Virus flu berkembang pada tempat-tempat umum di mana banyak manusia sering tatap muka. Jika mungkin, berbelanjalah secara online ketimbang mengunjungi mal. Atau, jika terpaksa, maka gunakanlah penutup wajah.

3. Banyak minum

Lapisan membran di hidung dan tenggorokan merupakan tempat bersarangnya lendir flu. Minumlah banyak cairan dan sering berkumur untuk melindungi membran Anda. Ahli kesehatan, Neo Schachter menyarankan Anda untuk menghindari tempat-tempat lembab yang menjadi pusat kuman.

4. Vitamin

Vitamin C mungkin tidak melawan pilek, namun beberapa ahli masih merekomendasikan mengonsumsi vitamin ini untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh selama musim flu. Vitamin D dan selenium dapat mencegah flu. Makanan seperti jus jeruk dan yogurt biasanya diperkaya dengan vitamin D. Kacang-kacangan dan daging sapi juga baik dikonsumsi karena mengandung banyak selenium.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement