Kamis 28 Aug 2014 10:25 WIB

Suami Jadi Bayi Gede Saat Flu? Hadapi dengan Lembut

Rep: MG ROL 25/ Red: Hazliansyah
Flu. Ilustrasi
Foto: frugallawstudent.com
Flu. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa sangka sosok pria yang dikenal tangguh bisa bertingkah layaknya anak kecil jika sudah terserang flu.

Kondisinya yang melemah akan membuat pria meminta perhatian lebih dan selalu ingin ditemani. Kondisi itu juga kadang membuat pria rewel dalam memilih makanan, mudah bosan dan ingin dimanja sebelum tidur oleh pasangan. 

Inilah yang disebut Manchild atau Bayi Gede. Tak ayal, kelakuan ‘ajaib’ suami ini kerap membuat istri pusing karena terlalu banyak meminta perhatian.

Psikolog Rosdiana Setyaningrum mengatakan kondisi ini adalah hal yang wajar. Karena di momen inilah, pria yang selalu dianggp kuat, akan memanfaatkan rasa sakit untuk meminta diperhatikan. 

"Namun kondisi ini biasanya akan diatasi wanita (pasangan) dengan senang hati," kata Rosdiana di acara 'Melegakan Gejala Batuk dan Pilek untuk Si Kecil dan #BayiGede', Rabu. 

Apalagi, lanjut Rosdiana, perempuan memiliki jiwa merawat yang lebih tinggi dari pria. Dengan merawat suami yang tengah sakit (didera flu), istri akan merasa jauh lebih dihargai. 

“Jadi, baik bagi pria atau wanita, 'Bayi Gede' ini win-win solution,” ucap Rosdiana. 

Bayi Gede dapat diatasi dengan memperlakukan suami dengan lembut dan penuh kasih sayang. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyediakan hal yang suami sukai, misalnya ketersediaan makanan kesukaan, atau menyediakan ruang untuk bermain game dan menonton sepakbola.

Sementara yang dapat dilakukan bagi penderita flu, adalah mengusapkan balsem di area punggung dan dada sebelum tidur. Cara ini agar Ia merasa lebih hangat, dan tidak disusahkan dengan hidung yang tersumbat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement