Rabu 20 Aug 2014 07:36 WIB

Mau Tingkatkan Kadar Testoteron, Ini Caranya

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko
Olahraga (ilustrasi)
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Olahraga (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- ROLers, Anda mungkin hanya mengetahui testosteron sebagai hormon kejantanan pria. Hormon ini juga sangat penting untuk meningkatkan hasrat seksual, menentukan ukuran dan fungsi otak, serta otot. Dr Oz mengungkapkan bahwa ada fungsi lain dari testosteron yang mengejutkan. Apa itu?

Ternyata, hormon yang satu ini menstimulasi otak pria untuk bersikap jujur. Sebuah penelitian menemukan bahwa semakin banyak kandungan testosteron pada tubuh laki-laki, maka tingkat kejujurannya semakin tinggi.

Dilansir dari Share Care, Rabu (20/8), testosteron bekerja di otak untuk memicu perilaku dan perasaan jujur, semangat kerja sama dalam dunia sosial, dan membuat seseorang semakin beretika. Hormon ini juga dapat mengurangi rasa takut, membuat seorang pria lebih tahan terhadap stres, dan membuat pria lebih percaya diri.

Lalu, adakah caranya agar pria bisa meningkatkan kadar testosteron dalam tubuhnya?

Pertama, kurangi bobot tubuh Anda. Orang gemuk alias obesitas biasanya mempunyai testosteron yang sedikit.

Kedua, kurangi minum minuman keras. Minuman keras bisa menurunkan kadar testosteron Anda sebesar tujuh persen dalam sehari.

Ketiga, kurangi stres. Stres kronis meningkatkan timbunan lemak dan mengubah testosteron menjadi etsrogen.

Keempat, tidurlah tujuh hingga delapan jam sehari. Hormon yang satu ini paling produktif dihasilkan saat Anda tertidur lelap dimalam hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement