Rabu 13 Aug 2014 02:18 WIB

Kenali Manfaat Anggur untuk Kecantikan dan Kesehatan

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Fernan Rahadi
Anggur Merah (ilustrasi)
Foto: rmqld.com.au
Anggur Merah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Anggur bukan hanya lezat, menurunkan kolesterol, dan mengencangkan kulit Anda, namun memiliki manfaat ajaib lainnya. Ya, anggur sangat baik untuk menunda lapar, dan itu hanya satu dari sekian banyak manfaat grapefruit ini, dilansir dari HealthDay News, Rabu (13/8).

1. Melindungi hati

Bukan hanya oatmeal yang ramah jantung. Menikmati anggur sekali sehari membantu menurunkan kadar kolesterol hingga 15,5 persen dan trigliserida sebesar 27 persen, menurut sebuah studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. Anggur merah tua memiliki tingkat antioksidan yang tinggi, kata peneliti utama Shela Gorinstein.

2. Menghaluskan kulit

Gunakan anggur untuk menyingkirkan bercak-bercak hitam pada lutut dan siku. Angur sarat dengan vitamin C, asam ringan, yang membantu memudarkan dan mengurangi kelebihan produksi pigmen kulit, kata Jessuca Wu, seorang dokter kulit berbasis di Los Angeles. Potong dua bagian anggur Anda, taburi dengan satu sendok teh gula, dan gosokkan pada kulit. Namun, anggur sedikit mengiritasi kulit yang sensitif.

3. Meningkatkan metabolisme

Mengonsumsi lebih anggur bisa membantu menurunkan berat badan Anda. Orang yang suka makan anggur sebelum makan akan mengurangi 3,5 pon berat badannya selama 12 pekan. Ini merupakan hasil penelitian the Nutrition and Metabolic Research Center at Scripps Clinic di La Jolla, California.

4. Pembersih ramah lingkungan

Cukup buat jus anggur, kemudian tambahkan pulp lalu gosok kamar mandi Anda. Celupkan sepiring garam ke dalam jus anggur kemudian gosokkan ke seluruh perlengkapan kamar mandi Anda. Asam sitrat dalam anggur melarutkan kotoran dan debu. Garam bersifat disinfektan. Setelah berbusa, bilas segera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement