Rabu 13 Aug 2014 02:02 WIB

Tujuh Tanda Anda Harus Segera ke Dokter Kulit (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Fernan Rahadi
Jerawat/Ilustrasi
Foto: corbis.com
Jerawat/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak masalah kulit, mulai dari benjolan, bekas luka, bekas jerawat, gatal, atau tahi lalat yang banyak. Siapapun bisa memberi tahu Anda jika kulit Anda bermasalah, namun banyak yang tak melakukannya dengan alasan menjaga perasaan Anda. Berikut adalah tujuh tanda yang bisa Anda deteksi sendiri yang menunjukkan bahwa sudah waktunya Anda pergi ke dokter kulit, dilansir dari The Fashion Spot, Rabu (13/8).

1. Muncul banyak tahi lalat

Kebanyakan orang tidak tahu betapa pentingnya deteksi dini untuk menghilangkan melanoma atau kanker kulit. Mencapai pertengahan usia, banyak orang menyadari bahwa wajah atau kulit mereka banyak ditumbuhi tahi lalat baru. Apalagi jika bentuk tahi lalat itu tidak teratur. Periksakan itu ke dokter kulit karena bisa jadi itu adalah indikasi awal Anda menderita kanker kulit.

2. Kepala gatal

Apakah Anda merasakan gatal bukan kepalang di kepala Anda? Gatal karena kulit kepala kering bisa diatasi dengan shampoo over the counter (OTC) anti ketombe. Namun, jika menurut Anda gatalnya tidak normal, maka Anda harus mengonsultasikannya kepada dokter kulit.

Rambut rontok bisa disebabkan sejumlah hal, seperti stress atau jarang keramas. Namun, ada juga rambut rontok yang menjadi tanda penyakit medis. Apakah Anda tidak ingin tahu pasti?

3. Kuku rapuh atau berubah warna

Dokter kulit bukan hanya jago mengobati jerawat atau urusan suntik wajah. Dia juga mengerti kesehatan kuku. Jika kuku Anda mengalami infeksi, seperti menjadi super rapuh atau berubah warna, maka saatnya Anda mengunjungi dokter kulit. Sebab, itu bisa jadi indikasi penyakit tertentu, di samping dokter pastinya akan memberi Anda resep obatnya.

4. Jerawat memburuk

Hampir setiap perempuan pernah bermasalah dengan jerawat. Mereka biasanya punya produk perawatan sendiri, namun jika jerawatnya masuk dalam kategori normal. Jika Anda memiliki jerawat yang disebabkan jaringan parut atau jerawat lesi yang bernanah, maka sebaiknya Anda segera ke dokter kulit. Mereka akan merekomendasikan cara untuk mengobatinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement