Senin 11 Aug 2014 11:00 WIB

Ini Penyebab Anda Selalu Merasa Lelah (3)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko
Kelelahan (ilustrasi)
Foto: Antara
Kelelahan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kurang tidur bukan satu-satunya hal yang menguras energi Anda. Banyak hal kecil yang Anda lakukan dan yang tidak Anda lakukan dapat mengurasi tenaga Anda secara mental dan fisik sehingga membuat Anda cepat lelah.

Para ahli di University of Georgia mencoba mengungkapkan 14 kebiasaan buruk umum yang dapat membuat Anda selalu merasa lelah, ditambah lagi dengan sejumlah gaya hidup positif untuk mengatasinya, dilansir dari HealthDay News, Senin (11/8).

8. Susah mengatakan 'tidak'

Latihlah diri Anda untuk berani berkata 'tidak.' Apakah Anda harus selalu mengatakan 'ya' ketika atasan Anda di kantor meminta Anda untuk terus bekerja dihari Sabtu? Apakah Anda harus selalu mengatakan 'oke' ketika kekasih Anda selalu meminta Anda menyiapkan konsumsi untuk tim sepak bola kesayangannya dihari Ahad? Jika Anda mengiyakan semua permintaan orang-orang di sekeliling Anda, maka Anda akan selalu merasa lelah.

9. Ruangan pribadi berantakan

Ruang pribadi yang berantakan juga menjadi faktor Anda akan selalu merasa lelah, apakah itu ruang kerja, kamar tidur, meja belajar, atau kamar kosan Anda. Kondisi yang berantakan itu akan membatasi kemampuan otak untuk memproses informasi. Ini adalah hasil penelitian di Priceton University.

Anda harus memastikan meja kerja atau ruang pribadi Anda selalu ditinggalkan dalam kondisi rapi setiap kali Anda menyelesaikan pekerjaan setiap harinya. Ini akan memberi Anda awal positif ketika memulai kerja kembali keesokan harinya. Mulailah merapikan apa yang Anda lihat tidak rapi, maka Anda akan bekerja penuh semangat.

10. Tidak pernah liburan

Setiap profesi pekerjaan di kantor pastinya memberikan jatah cuti pada karyawannya. Nah, orang yang tidak pernah mengambil masa cutinya sangat mungkin terus merasa kelelahan setiap harinya. Biarkan diri Anda sedikit bersantai, sebab ini akan meremajakan pemikiran dan tubuh. Anda bisa kembali masuk kantor dengan kuat dan penuh semangat. Ketika Anda benar-benar mengambil jatah istirahat Anda, maka Anda akan menjadi lebih kreatif, produktif, dan efektif di dunia kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement