Rabu 30 Jul 2014 04:04 WIB

11 Tips Hamil Anak Kembar yang Sehat (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Joko Sadewo
Bayi kembar (ilustrasi)
Foto: hollywoodlife.com
Bayi kembar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda sedang mengandung anak kembar? Data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mendata bahwa tingkat kelahiran kembar meningkat hingga 76 persen dalam 30 tahun terakhir. Jika Anda memiliki anak kembar atau kelipatannya, maka Anda mungkin akan kewalahan. Namun, Anda perlu ingat bahwa kesehatan Anda dan bayi Anda  adalah prioritas utama.

ROLers, inilah 11 tips hamil anak kembar yang sehat, dilansir dari Fox News, Selasa (28/7).

1. Perhatikan kesehatan Anda terlebih dahulu

Pastikan Anda makan sehat dan cukup terhidrasi karena kebutuhan gizi ibu hamil kembar berbeda dengan normal. Kesehatan Anda adalah yang utama, jangan mengabaikan gejala-gejala kecil, seperti kram misalnya. Hubungi dokter segera supaya Anda bisa hamil kembar dengan aman.

2. Nyeri dan sakit lebih sering

Tubuh kita umumya hanya disiapkan mengandung satu. Dengan hamil kembar, rahim Anda tumbuh dua kali lipat, sehingga Anda akan lebih sering merasakan sakit punggung dan nyeri ligamen. Anda mungkin mulai merasakannya lebih sering pada masa kandungan 25 pekan. Dengan begitu beratnya beban tubuh Anda, terutama leher rahim dan panggung, Anda mungkin harus mengurangi jam kerja, atau perbanyaklah istirahat.

3. Lebih sering periksa ke dokter

Setelah usia kehamilan kembar Anda sudah mencapai 30 pekan, maka setidaknya Anda harus ke dokter lebih sering, sekali sepakan. Anda mungkin akan diperiksa dengan sonogram setiap pekan untuk memastikan cairan ketuban Anda memadai dan bayi Anda tumbuh dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement