Kamis 17 Jul 2014 13:19 WIB

Selama Berpuasa Dianjurkan Mengonsumsi Buah-buahan Segar

Media gatherinng Buavita
Foto: Istimewa
Media gatherinng Buavita

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat Muslim yang menjalankan ibadah puasa dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan manis dan menyegarkan. Cara ini sangat bermanfaat untuk lebih mempercepat menggantikan energi yang hilang setelah 14 jam berpuasa.

Fiastuti Witjaksono, dokter spesialis gizi klinik merekomendasikan kaum urban untuk bijak dalam memastikan nutrisi yang berimbang dan bergizi, saat sahur maupun berbuka puasa. Kebutuhan nutrisi selama berpuasa dapat diperoleh melalui kesegaran air kelapa. “Berdasarkan perhitungan zat gizi dari United States Department of Agriculture (USDA), dalam 100 mg air kelapa terkandung kadar air sebesar 94,99% yang terbukti secara klinis dapat mengembalikan kesegaran dan kebugaran tubuh, setelah tubuh kehilangan cairan,”

jelasnya, belum lama ini.

Fiastuti menambahkan, air kelapa memang multi manfaat dan bernutris. Karena itu, dengan mengkonsumsi air kelapa secara teratur saat berbuka puasa dapat membantu menjaga vitalitas selama berpuasa.

Menyadari pentingnya kesegaran yang bernutrisi dan memahami insight kaum urban tersebut, Buavita sebagai pelopor minuman sari buah kemasan yang peduli akan vitalitas masyarakat menghadirkan solusi praktis berupa koleksi Buavita Khas Nusantara, termasuk Buavita Kelapa. Buavita Kelapa dihasilkan dari air kelapa asli yang menyegarkan, multi manfaat, serta diproses secara higienis untuk melindungi segala manfaatnya. “Buavita Kelapa mengandung air kelapa asli yang multi manfaat dan bernutrisi akan membantu mengembalikan kesegaran dan vitalitas setelah berpuasa. Apalagi Buavita Kelapa juga memiliki kandungan Vitamin C dan B3,” ungkap Arya Bahupringga, Senior Brand Manager Buavita.

Untuk memberi semangat kaum urban dalam menjalankan ibadah puasa, Buavita menghadirkan beragam kreasi minuman bernutrisi yang menyegarkan untuk berbuka puasa. Beragam kreasi minuman tersebut dihadirkan Buavita dengan berkolaborasi dengan chef Yuda Bustara. “Kreasi minuman tersebut disajikan dengan cara yang praktis, mudah dan menyenangkan dengan menggunakan kebaikan air kelapa,” jelas Arya di  dalam Media Gathering Buavita : Mixology Class di The Patio, Selasa (15/7) lalu.

Tidak hanya air kelapa, kreasi minuman ini juga terinspirasi dari kebaikan buah khas nusantara lainnya, yaitu markisa dan sirsak yang juga bermanfaat memelihara kesegaran tubuh saat berpuasa. Kebaikan buah yang menyegarkan tersebut dibenarkan oleh dr. Fiastuti. “Terdapat vitamin C sebesar 30 mg  dalam 100 gr Markisa yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Tidak hanya itu, kadar Potassium (Kalium) sebesar 348 miligram  dalam 100 gr markisa juga membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan mencegah dehidrasi. Sementara di buah Sirsak terdapat Vitamin B1, yang berperan dalam proses pembentukan energi, serta 21 mg magnesium yang membantu metabolisme energi yang dibutuhkan tubuh,” ungkap dr. Fiastuti.

Chef Yuda Bustara, Mixologist Buavita yang hadir dalam Mixology Class ini menunjukkan cara membuat beragam kreasi minuman secara praktis. “Biasanya kaum urban berbuka dengan minuman khas Indonesia yang bisa dibuat dari sari buah kelapa yang rasanya sangat otentik dan menyegarkan. Selain itu kreasi minuman ini dapat dinikmati secara bersama-sama.” kata Yuda berbagi cerita.

Yuda menyebutkan kreasi minuman yang dapat diracik dengan praktis tersebut antara lain Passion Mix Ice, Rococo, dan Es Buacoco dan berbagai ragam minuman menyegarkan dan bernutrisi ala buah khas nusantara lainnya dapat dilihat di www.buavita.co.id. “Kreasi minuman yang menyegarkan dan bernutrisi ini diharapkan bisa menyemangati kaum urban dalam menjalankan ibadah puasa sekaligus berbagi inspirasi kreasi hidangan menyambut Hari Raya Idul Fitri,” kata Arya dalam siaran persnya yang diterima ROL, Kamis (17/7).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement