Rabu 18 Jun 2014 09:53 WIB

Makanan Pinggiran Lebih Sehat dari Restoran

Rep: c66/ Red: Muhammad Hafil
Gado-gado Direksi
Foto: Republika/Ira Sasmita
Gado-gado Direksi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sebuah studi kesehatan di Amerika Serikat (AS) menunjukkan makanan yang dijual di pinggir jalan lebih sehat dari restoran, Selasa (17/6). Makanan-makanan yang dijual di pinggir jalan dikatakan lebih sehat karena mengandung lebih sedikit unsur berbahaya di dalamnya.

Penelitian yang dilakukan Departemen Kesehatan AS ini mengambil sampel di tujuh kota besar negara tersebut. Tujuh kota tersebut diantaranya Washington, Boston, Las Vegas, Los nageles, Miami, Seattle, dan Louisville.

Dalam penelitian, makanan-makanan pinggiran yang biasa dijual dalam sebuah kendaraan truk dibandingkan dengan yang ada di restoran. Perbandingan meliputi bahan-bahan makanan yang digunakan dan bentuk penyajian yang ditawarkan setiap harinya.

Popularitas makanan pinggiran telah meledak di AS selama beberapa tahun terakhir. Namun, banyak para pengusaha makanan pinggiran yang menghadapi peraturan ketat dari pemerintah tiap kota, yang membatasi mereka menjual makanan. Alasan keamanan makanan, disebut menjadi salah satu alasan hal itu diberlakukan.

Lembaga hukum di Virginia menentang pembatasan penjualan makanan pinggiran. Mereka mengatakan hal itu tidak dapat mengurangi keamanan makanan yang beredar pada masyarakat.Pemerintah menurut lembaga hukum itu seharusnya membuat peraturan lebih bijak, terlebih tidak seluruh makanan pinggiran tidak aman konsumsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement