Senin 21 Apr 2014 16:56 WIB

Cara Jitu Hindari Gigitan Nyamuk

Nyamuk Cikungunya
Nyamuk Cikungunya

REPUBLIKA.CO.ID, Prof Sudomo mengatakan cara jitu untuk mencegah penularan penyakit-penyakit yang menular melalui gigitan nyamuk adalah dengan menghindari gigitan nyamuk perantara.

"Itu satu-satunya jalan yang paling baik soalnya kalau sudah tertular penyakit jadi lebih repot lagi, dia harus mengobati diri sendiri dan bisa jadi sumber penular," kata ahli penyakit tropis itu.

"Gampang harusnya, yang paling baik 3M Plus. Itu sudah yang paling baik, tidak bisa semprot-semprot saja," katanya.

Seluruh warga, kata dia, harus menyadari pentingnya melakukan 3M Plus secara rutin untuk memberantas sarang nyamuk dan mencegah penyakit-penyakit yang ditularkannya.

"Kalau satu rumah tangga melakukannya tapi yang lain enggak tentu nyamuknya akan tetap ada. Jadi harus bersama-sama, seluruh lingkungan melakukannya," kata dia.

Prof Sudomo menjelaskan, pemberantasan sarang nyamuk efektif mengendalikan vektor DBD namun sulit sekali dilakukan pada nyamuk perantara penularan peyakit malaria yang hidup dan berkembang biak di alam bebas.

"Jadi harus hidup berdampingan dengan nyamuk. Artinya dia boleh hidup, kita hidup, tapi tidak saling mengganggu. Artinya kita harus berusaha menghindari gigitan nyamuk," katanya.

Dalam hal ini, penggunaan kelambu atau kelambu berinsektisida serta memasang kasa pada pintu dan jendela sangat penting untuk mencegah nyamuk Anopheles masuk ke rumah.

"Kemudian pakai obat nyamuk bakar atau semprot," katanya.

Ia menambahkan, kebanyakan obat nyamuk bakar maupun semprot hanya bisa membuat nyamuk pingsan, tidak bisa langsung mematikan nyamuk.

"Kebanyakan orang pakai obat nyamuk bakar semalam suntuk di kamar. Itu salah. Yang paling baik obat nyamuk bakar dibakar magrib satu sampai dua jam saja, setelah itu matikan terus sapu kamarnya," kata dia.

"Tidak perlu bakar obat nyamuk sepanjang malam karena itu meracuni diri sendiri," tambah dia.

Ia lantas menekankan kembali bahwa cara paling jitu untuk mencegah penularan penyakit yang menyebar melalui nyamuk adalah dengan melindungi diri dari gigitan serangga itu.

"Itu saja yang penting, tidak ada cara baru," demikian Prof Sudomo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement