Jumat 18 Apr 2014 09:17 WIB

Trik Mudah Lawan Rasa Kantuk Tanpa Kopi

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Menguap (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Menguap (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Orang-orang di Amerika Serikat (AS) menghabiskan uangnya untuk membeli minuman berenergi, kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya untuk membantu mereka melewati hari-hari yang sibuk dan menghindari kelelahan.

Sekarang, peneliti menemukan cara mudah untuk membuat Anda mendapatkan energi lebih tanpa minuman-minuman di atas.

Studi menunjukkan, Anda cukup memasang lampu yang bewarna biru (blue light) di tempat kerja, kamar, atau meja belajar Anda. Ini akan mengurangi rasa kantuk dan membuat Anda lebih fokus pada pekerjaan.

"Cahaya biru mampu meningkatkan kewaspadaan seseorang dimalam hari. Data terbaru menunjukkan bahwa efek positif dari lampu biru ini juga bisa berpengaruh disiang hari," kata seorang peneliti di Brigham and Women’s Hospital’s, Shadab Rahman, dilansir dari Easy Health, Jumat (18/4).

Cahaya biru memberi dampak positif ke otak. Peneliti neuroscientist, Steven Lockley mengatakan hasil penelitian ini bisa diaplikasikan pada bidang-bidang pekerjaan yang sering dilakukan dimalam hari. 

Pekerja shift dapat memetik manfaat dari kualitas pencahayaan ini yang bisa membantu mereka melihat lebih baik dan membuat mereka lebih waspada. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement