Ahad 26 Jan 2014 15:08 WIB

Gaya Hidup Pemicu Kemandulan Pria

Sel sperma/ilustrasi
Foto: emirates247.com
Sel sperma/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Jika sering melakukan gaya hidup yang membuat testis justru lebih panas dari suhu tubuh, akan membuat produksi spermatozoa menurun. Misalnya adalah berendam di air panas, sauna, memangku laptop saat bekerja, atau pun memakai celana yang terlalu ketat. Merokok dan minum alkohol juga bisa menyebabkan kelainan pada spermatozoa. Penggunaan steroid atau obat-obatan hormonal juga mempe ngaruhinya spermatozoa.

Menurut ahli urologi dari Asri Urology Center di Rumah Sakit Asri Jakarta, Nur Rasyid, kelainan spermatozoa bisa berupa kelainan jumlah (oligo), gerakan (astheno), ataupun bentuknya (terato). Paling parah adalah keadaan tidak ditemukannya spermatozoa sama sekali, atau yang disebut dengan azoospermia. Kelainan spermatozoa ini bisa disebabkan varikokel (pelebaran pembuluh vena di kantung Testis), idiopatik, faktor genetik, sumbatan saluran spermatozoa (obstruksi), kelainan bawaan sejak lahir, infeksi menular seksual, atau juga karena gangguan hormon.

Selain faktor spermatozoa, ada juga penyebab kemandulan pria lainnya. Yaitu kelainan seksual atau jarang melakukan hubungan suami istri. Kelainan seksual bisa terlihat dari gairah yang rendah atau bahkan tak bergairah sama sekali, disfungsi ereksi, gangguan ejakulasi, atau kelainan bentuk anatomi.

Beberapa keadaan lain yang memperbesar risiko kemandulan pada pria adalah testis yang tidak turun saat lahir, kelainan anatomi yang disebut dengan Hipospadi. Yaitu lubang sperma ada di bawah testis, pubertas yang terlambat, penyakit menular seksual, infeksi atau terpuntir saat remaja dulu, dan juga dulu pernah melakukan operasi hernia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement