Jumat , 27 December 2013, 06:19 WIB

Cara Mudah Bakar Lebih Banyak Kalori, Berdiri!

Rep: mgrol21/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
ergodekstop.com
Selingi aktivitas duduk dengan berdiri saat bekerja.
Selingi aktivitas duduk dengan berdiri saat bekerja.

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda seperti kebanyakan orang yang banyak menghabiskan waktu untuk duduk, seperti duduk di mobil ketika berangkat bekerja, sampai di kantor harus duduk berjam-jam lagi di depan  komputer, saat pulang pun duduk menyetir dalam mobil, dan ketika sampai di rumah, Anda beristirahat di sofa, maka berhati-hatilan.

Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk duduk membua Anda terlalu sedikit membakar kalori. Saat duduk, kita tidak hanya mengeluarkan sedikit energi, tapi juga kemungkinan untuk bergerak saat duduk lebih kecil dibandingkan saat berdiri.

Studi


Duduk terus-terusan adalah tren saat ini. Menurut sebuah survey baru-baru ini, kita menghabiskan rata-rata 12 jam per hari untuk duduk, dan tidur tidak masuk hitungan.

BBC dan University of Chester bekerja sama untuk mencari tahu secara persis seberapa banyak  kalori yang dapat dibakar dengan duduk di kursi.

Mereka mempelajari 10 relawan yang disuruh berdiri setidaknya selama tiga jam per hari dan memakai accelerometer (untuk mengukur gerakan) serta pembaca glokosa dan denyut jantung.

Manfaat

Para relawan membakar sekitar lebih dari 50 kalori per jam saat berdiri dibandingkan duduk, hanya karena denyut jantung meningkat. Selama satu tahun, berdiri selama 3 jam setiap harinya akan mendapat tambahan 30.000 kalori yang terbakar.

Hal itu setidaknya akan membuat Anda kehilangan 8 pon berat badan atau sekitar 3-4 kilogram, tidak terlalu buruk, bukan.

Pembakaran kalori yang meningkat secara dramatis, memungkinkan penurunan badan, menjadi salah satu potensi manfaat kesehatan dari berdiri dibandingkan duduk.

Para relawan mengatur gula darahnya lebih efisien saat berdiri dibanding duduk, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Meskipun berdiri tidak dapat menggantikan latihan kardio dan latihan kekuatan, ternyata berolahraga juga tidak cukup untuk menebus gaya hidup duduk yang terus menerus.
 
Dalam penelitian itu terungkap duuduk dalam waktu yang lama dapat menyebabkan hal yang lebih berbahaya bagi kesehatan Anda daripada latihan apa pun yang dapat ditiadakan.

Cara Berdiri

Untungnya, kebanyakan dari kita dapat dengan mudah memasukkan kegiatan ‘berdiri’ ke dalam rutinitas sehari-hari. Cukup bangun sambil berbicara di telepon, menonton televisi,  menggunakan gadget Anda, atau melakukan tugas-tugas lain yang tidak memerlukan meja atau bangku. Bahkan lebih baik, mondar-mandir untuk membakar kalori yang lebih banyak.

Jika tempat kerja Anda menizinkannya, ganti kursi tradisional Anda dengan versi berdiri yang lebih tinggi. Beberapa pekerja inovatif bahkan memasang meja treadmill, berjalan dengan lambat saat mereka bekerja.

Jika Anda tidak dapat melakukan itu, berdirilah selama beberapa menit di sela-sela mengerjakan tugas.

Meskipun Anda melakukan kegiatan berdiri dalam keseharian, semakin banyak waktu yang Anda habiskan dengan tegak, maka semakin baik. Jika Anda ingin kesehatan yang lebih baik,  dan ukuran pinggang yang lebih kecil, saatnya untuk berdiri dan banyak bergerak.