Kamis , 26 December 2013, 11:32 WIB

Kiat Tetap Bakar Kalori Saat Bekerja di Rumah

Rep: mgrol21/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
rgbimg.com
Apel, camilan sehat yang membuat langsing/ilustrasi
Apel, camilan sehat yang membuat langsing/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda seorang penulis lepas atau seorang asisten virtual, bekerja di rumah pasti memiliki  kelebihan. Anda bisa bekerja dengan memakai piyama sepanjang hari dan membuat jadwal  Anda sendiri.

Hanya saja ketika Anda sedang duduk di kursi Anda bekerja sepanjang hari, hal  itu menyebabkan Anda sedikit sulit untuk mendapat gerak tubuh. Anda cenderung menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer dan tidak memiliki waktu untuk bergerak.

Berikut adalah beberapa tips untuk membakar kalori saat bekerja di rumah seperti yang dikutip dari fitday.com.

1. Sediakan waktu untuk olah tubuh

Ketika Anda bekerja di rumah, mengambil istirahat setiap beberapa jam untuk melakukan latihan singkat adalah ide yang bagus. Sebagai contoh, jika cuaca cerah, pergilah berjalan kaki di sekitar rumah selama 15 menit. Hal ini dapat menjernihkan kepala dan mendapat aktivitas fisik dalam waktu yang bersamaan. Jika cuaca sedang tidak cerah, cobalah latihan sederhana seperti sit-up, push-up, dan menemuk lutut.

2. Gunakan bola fitness sebagai kursi


Alih-alih duduk di kursi kerja, duduklah di bola fitness beberapa saat ketika Anda bekerja. Kedengarannya memang agak konyol, tapi itu adalah cara yang mudah  untuk mendapatkan beberapa latihan. Anda dapat menyegarkan otot-otot di kaki dan meningkatkan keseimbangan. Pada awalnya mungkin akan sulit untuk menjaga  keseimbangan, namun akan lebih mudah dari waktu ke waktu.

3. Mulai gelisah

Saat di sekolah dasar, mungkin guru Anda telah memberitahu untuk berhenti gelisah saat duduk, tapi mungkin dia tidak tahu berapa banyak kalori yang dapat dibakar. Jika Anda menekan kaki atau menggoyang-goyangkannya di sekitar kursi Anda, Anda dapat membakar kalori saat bekerja. Bahkan jika Anda bergerak sedikit saja, Anda membakar kalori.

4. Matikan thermostat

Mematikan thermostat (penghangat ruangan) mungkin tidak terdengar menyenangkan di negara empat musim saat ini, tapi itu adalah cara yang supersederhana untuk membakar beberapa ekstra kalori saat  Anda bekerja. Ketika suhu ruangan menjadi sedikit lebih dingin, tubuh Anda akan bekerja lebih keras untuk membuat tubuh tetap hangat dan itu menyebabkan tubuh  membakar kalori lebih banyak.

5. Banyak makanan ringan

Hal ini mungkin terlihat kontraproduktif, tapi ngemil banyak benar-benar dapat  membantu Amnda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Percaya atau tidak,  dibutuhkan lebih banyak energi untuk mencerna makanan ringan setiap beberapa jam.

Hanya saja sebelum Anda terlalu bersemangat dengan beberapa kantung kue kering, Anda perlu menjaga camilan yang sehat seperti wortel, kue pretzel, almond, dan potongan  apel.

Camilan ini kaya akan nutrisi dan membantu meningkatkan metabolisme Anda. Plus, ngemil setiap beberapa jam akan memuaskan nafsu makan Anda sehingga saat jam makan, Anda tidak terlalu memiliki nafsu makan.

Bahkan jika Anda bekerja di rumah, Anda tetap dapat membakar kalori dalam kondisi  kondisi yang sangat baik. Jika Anda membuat prioritas olahraga, Anda pasti bisa mendapatkan latihan yang besar saat bekerja di rumah.