Sabtu , 21 December 2013, 15:57 WIB

Lima Cara Mudah Awet Muda, Eits... Tetap Butuh Disiplin

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Republika/Rakhmawaty La'lang
Olahraga lari  (ilustrasi)
Olahraga lari (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Bagaimana membuat awet muda dengan cara terjangkau kantung. Tidak terlalu ribet, yang dibutuhkan tentu saja pola hidup sehat, sikap mental yang positif dan disiplin. Berikut ini lima cara sehat agar tetap terlihat muda dilihat dari kaca mata olah tubuh. Meski murah meriah, satu yang harus diingat, tak ada hasil tanpa kerja keras.

Berkeringat Setiap hari

Tantang diri sendiri setiap hari untuk berpartisipasi dalam aktivitas fisil yang membuat anda berkeringat. Untuk mengubah tubuh, anda harus berlatih di luar zona nyaman. Bila tubuh Anda saat ini sudah dalam kondisi fit dan proposi tepat, jangan ditekan lagi. Tapi bila Anda ingin meningkatkan stamina, kekuatan atau menghilangkan lemak dari perut yang membuncit, maka mesti bekerja keras.

Saat berlatih, anda seharusnya tidak bercakap-cakap dengan teman melainkan fokus. Beberapa hal yang disarankan.

Naikkan beban latihan
Naikkan tahanan treadmill atau berlari
Kombinasikan latihan kekuatan dengan latihan ketahanan. Seperti angkat beban lalu lari cepat di atas treadmil. Istirahat untuk 9 detik dan lakukan empat kali.

Kembali ke sekolah


Maksudnya? Apa yang anda lakukan ketika muda? melompat, memanjat pohon, bersepeda, berlari-lari cepat keliling taman bermain. Sebaiknya jangan duduk terlalu lama di depan komputer seperti saat ini. Jadilah lebih aktif.

Berjalan kaki atau berlari di pagi hari sebelum memulai hari sangat disarankan. Ikuti kelas fitnes, atau liga rekreasi, klub berenang, ski atau tim bowling.

Gunakan apa yang Anda punya.

Lihatlah sekitar dan ambil inventaris yang Anda punya untuk berlatih. Anda memiliki sepeda, tali, kursi kecil, atau kaleng cat untuk diangkat? Bila anda memiliki itu semua dan pikiran kreatif, anda bisa melakukan olah raga hebat. Anda tak perlu keanggotaan pusat kebugaran yang mahal untuk memiliki tubuh prima.

Santap makanan bersih.


Cara ini automatis menghindarkan anda dari makanan yang penuh gula, lemak trans atau lemak jenuh. Santaplah makanan yang berwarna-warni, ada hijau segar, oranye wortel misal dan pastikan dalam takaran moderat. Rencanakan waktu ke pusat groser sehingga Anda tak perlu terburu-buru. Juga rencanakan menu tiap pekan

Beristirahat serius seperti bekerja serius

Ada garis batas yang tegas antara jumlah pekerjaan yang anda lakukan dan juga istirahat yang anda butuhkan. Istirahat sangat berpengaruh pada fisik dan juga mental. Berlatih, tarik nafas dalam dan liburan akan menjaga kondisi mental. Bila secara fisik anda kelelahan, coba ubah rutinitas kerja dan olah raga, jika perlu satu pekan libur. Anda bisa kembali lagi lebih segar dan siap melakukan lebih.