Rabu 18 Dec 2013 15:44 WIB

Sembilan Faktor Penyebab Gigi Bernoda (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Gigi sehat dan senyum cantik
Foto: bostonglobe.com
Gigi sehat dan senyum cantik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak sedikit orang yang rela merogoh kocek untuk membuat gigi mereka terlihat sempurna. Salah satunya adalah menghilangkan noda yang menempel di gigi.

Bagaimana sesungguhnya noda bisa melekat di gigi anda? Berikut adalah panduan cepat untuk membantu anda memahami penyebab gigi bernoda, dilansir dari Symptomfind, Selasa (17/12).

6. Penuaan

Sama seperti rambut dan kulit, gigi juga akan mengalami perubahan seiring pertambahan usia anda. Gigi yang digunakan selama puluhan tahun menyebabkan menjadi kusam dan menghitam.

Gigi akan semakin menipis dimasa tua, yang akan membuat lapisan gigi berubah menjadi warna kuning alami dan pucat.

7. Genetik

Beberapa anak terlahir dengan enamel gigi yang putih, namun beberapa lainnya terlahir dengan enamel gigi kekuningan. Itu semua bergantung pada DNA yang diwariskan orang tua anda.

8. Trauma gigi

Gigi juga bisa mengalami beberapa jenis trauma, seperti kecelakaan yang kemudian menrontokkan gigi anda. Cedera itu menyebabkan saraf di dalam gigi mati dan membuat noda di dalam dan sekitar gigi. Jika ini terjadi, maka anda perlu mendapat perawatan yang baik.

9. Grinding gigi

Apakah anda pernah mengalami mimpi buruk dimalam hari dan menderita stres gigi? Itu menyebabkan anda sering mengalami gigi grinding dimalam hari.

Grinding gigi tanpa sengaja anda lakukan sewaktu tidur, misalnya gigi anda tiba-tiba bergetar dan saling bergesek, atau anda merapatkan gigi seri atas dan gigi seri bawah anda dengan keras. Hal ini dapat menyebabkan gigi anda berubah warna menjadi lebih gelap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement