Rabu 27 Nov 2013 18:05 WIB

Stres? Ikuti 6 Jurus Mudah Kembali Rileks

Rep: mgrol21/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
minyak esensial aromaterapi (ilustrasi)
Foto: ©evolutionclinic.co.uk
minyak esensial aromaterapi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,

Sedang tertekan? Beban pekerjaan dan keluarga tiba-tiba hadir bersamaan? Menurut pepatah bijak, persoalan membuat orang bisa bertahan hidup, meski demikian bukan berarti kita tidak melakukan manajemen stress  yang kita alami.

Anda bisa mengatasinya dengan beberapa strategi relaksasi untuk menghalau kecemasan. Berikut beberapa tips seperti dilansir Huffington Post yang bisa membantu membuat Anda lebih riles dan bermanfaat untuk kesehatan dan produktivitas.

1. Pernapasan

Beri diri Anda sedikit waktu dalam sehari untuk melakukan pernapasan mendalam. Bentuk meditasi yang paling mudah adalah bernapas observasi. Cukup berfokus pada ritme alami napas Anda. Cara ini bisa meredakan stress dan Anda akan merasa santai dalam hitungan menit.

2. Peregangan

Ada sejumlah peregangan yang bisa Anda pelajari, salah satunya ialah Mekka-Ho. Ini adalah dasar, lima elemen urutan dapat membantu tetap fleksibel, serta menjaga semangat keseimbangan semangat Anda.

3. Yoga Restoratif

Dukung postur yoga Anda dengan alat peraga di rumah. Bantal. Selimut, dan handuk  dapat diposisikan untuk memungkinkan Anda benar-benar mendapat manfaat penuh dari setiap gerakan yang dilakukan.

4. Aromaterapi

Pastikan untuk selalu memiliki minyak esensial dalam jangkauan. Aromaterapi dapat membantu meringankan beberapa kondisi umum seperti kecemasan. Gejala ini bisa diperingan dengan aroma bergamot, mandarin, dan cendana. Saat stress dengan kemacetan Anda dapat rileks dengan aroma peppermint dan kayu putih. Jika kelelahan, Anda dapat menghirup aroma lemon dan rosemary. Bila perlu sediakan sejumlah lilin aroma terapi di rumah yang bisa dinyalakan dan dinikmati setelah pulang dari kerja.

5. Berendam

Manjakan diri Anda dengan mandi air hangat menggunakan garam Epsom atau garam yang bersifat penyembuhan alami lainnya untuk memurnikan dan meremajakan tubuh Anda.

6. Berdoa

Meski terakhir dalam daftar bukan berarti memiliki makna terkecil. Kekuatan spiritual bisa menjadi solusi ampuh untuk setiap masalah dan tekanan yang Anda hadapi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement