Senin 06 May 2013 09:50 WIB

Anak Sering Muntah Pagi Hari? Waspada Tumor Otak

Rep: Neni Ridarineni/ Red: A.Syalaby Ichsan
Tumor otak
Tumor otak

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Tumor otak merupakan kasus kanker terbanyak pada anak. Untuk itu orangtua perlu mengetahui gejala awal dari tumor otak.

Hal itu dikemukakan Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Onkologi Anak Sri Mulatsih. Pada pasien yang menderita tumor otak biasanya mengalami muntah terus menerus setiap pagi. Pandangan pun kabur serta pusing yang memberat. Keseimbangan juga hilang.

Sri menjelaskan, bila sampai satu minggu anak tetap mengalami hal tersebut walaupun sudah dilakukan pengobatan, harus segera dirujuk ke rumah sakit. "Biasanya gejalanya seperti itu, tumornya ada di otak belakang (pusat),"ujarnya, Senin (6/5).

Berdasarkan tempat terjadinya tumor otak hingga menjadi kanker otak dibagi menjadi dua, yaitu tumor supratentorial, yakni tumor yang berada di atas tentorium atau pada otak besar. Juga tumor infratentorial yaitu tumor yang ada di bawah tentorium, yakni otak kecil dan batang otak.

Menurut Mulatsih, sekitar 50 persen tumor infratentorial dialami oleh anak yang berusia di bawah enam tahun dan sekitar 50 persen tumor supratentorial dialami oleh anak yang berusia di atas delapan tahun.

Untuk mendeteksi tumor otak perlu dilakukan magnetic resonance imaging (MRI) yang berfungsi untuk melihat jaringan otak dan cairan yang ada di dalam otak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement