Sabtu 20 Apr 2013 11:05 WIB

Kanker Serviks Menakutkan tapi Bisa Disembuhkan

Kanker Serviks (ilustrasi)
Foto: akbidmus.ac.id
Kanker Serviks (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Penyakit kanker mulut rahim atau serviks dapat disembuhkan melalui deteksi dini terhadap penyakit yang dialami wanita itu. Pendapat itu disampaikan Direktur Pemasaran KalGen DNA dokter Sandy Qlintang.

"Di Indonesia sebanyak 70 persen kanker serviks baru diketahui setelah pasien sudah pada stadium lanjut dan kebanyakan orang yang terkena kanker serviks tidak menyadari dirinya terkena kanker serviks karena penyakit ini tidak menimbukan gejala di awal," kata Sandy di Jakarta, Sabtu (20/4).

Sandy menyatakan keprihatinannya karena cakupan skrining kanker serviks atau kanker mulut rahim baru 5 persen, padahal dibutuhkan cakupan 85 persen untuk dapat menurunkan angka kejadian dan kematian akibat penyakit ini.

Terkait dengan hal tersebut PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui unit usaha KalGen DNA menggelar bincang kesehatan "Kartini Peduli Kanker Serviks" secara serempak di empat rumah sakit di Jakarta, yakni RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, RS Mitra Keluarga Bekasi Barat, dan RSIA Family, pada hari Sabtu.

Kegiatan itu, kata dia, akan dilanjutkan pada tanggal 27 April 2013 di RS Grha Kedoya dan RS Mitra Kemayoran.

"Acara bertema Smart Tips To Avoid The Silent Killer bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya kaum perempuan, terhadap bahaya kanker serviks dan cara mendeteksinya sejak dini," ujar Sandy.

Pimpinan Unit Women Health Center Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Dr.dr. Junita Indarti, Sp.O.G(K) mengatakan bahwa kanker serviks merupakan kanker yang terjadi di daerah leher rahim dan disebabkan oleh virus HPV (human papilloma virus).

"Kanker serviks dapat dicegah sejak dini melalui pemeriksaan sitologi maupun pemeriksaan HPV karena bila terdeteksi di tahap awal penyakit dapat diatasi dengan tuntas," ujar Junita.

Pemeriksaan sitologi (cyte: sel, logy: ilmu) bertujuan untuk mendeteksi perubahan sel serviks akibat radang atau perubahan sel ke arah keganasan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement