Rabu 03 Apr 2013 08:58 WIB

Kaum Wanita Jangan Anggap Sepele Keputihan

Keputihan bisa jadi masalah perempuan yang mengganggu/ilustrasi
Foto: scene7.com
Keputihan bisa jadi masalah perempuan yang mengganggu/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi kaum hawa agar mewaspadai dengan keputihan yang dialami. Jangan pernah menganggap sepele karena keputihan dapat menimbulkan penyakit tumor di organ genitalia.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Iwan Rangkuti menyarankan setiap wanita agar menjaga kebersihan daerah kewanitaannya. Bagi semua kaum perempuan, disarankan agar cepat memeriksakan diri ke dokter, jika terjadi keputihan yang luar biasa.

"Keputihan juga bisa dilihat dari warnanya, untuk menandakan apakah itu bahaya atau tidak. Ada cairan keputihan itu berwarna putih, kuning, abu-abu dan berbentuk busa, ada yang mengental dan bertepung. Harus bisa dibedakan apakah itu muncul akibat bakteri atau jamur," kata Iwan.

Menurut dia, keputihan bisa sebagai salah satu faktor penyebab tumor di organ genitalia. Selain itu, akibat berbahayanya, keputihan juga bisa menghalangi sperma masuk dan menyebabkan wanita tak subur, alias mandul.

Karena itulah, bagi kaum perempuan, jangan pernah lalai dalam menjaga dan merawat alat kelaminnya yang nantinya akan bisa berdampak buruk. "Tripomoniasis, dalam bahasa kedokterannya, penyakit yang disebabkan karena keputihan itu," ujar Iwan.

Untuk itu, ia mengimbau kaum wanita mencegah sedini mungkin penyakit tumor dan kanker yang disebabkan dari keputihan. Apalagi kemandulan akan membuat bumerang dalam pernikahan nantinya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement