Jumat 29 Mar 2013 09:49 WIB

Cegah Flu dengan Sayuran, Apa Sajakah?

sayur brokoli
Foto: corbis
sayur brokoli

REPUBLIKA.CO.ID, Menghadapi perubahan cuaca seperti ini, Anda wajib meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari serangan penyakit khas musim pancaroba, yaitu flu dan diare. Apa yang Anda konsumsi turut menentukan seberapa kuat tubuh Anda dalam menghadapi perubahan cuaca. Suplementasi vitamin C adalah nutrisi yang paling populer untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit di musim pancaroba.

Namun, bukan hanya suplementasi vitamin C saja yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ada makanan yang kerap berada di meja dapur Anda ini juga bisa menjadi solusi tepat untuk melindungi Anda dari serangan penyakit di musim pancaroba. Seperti dilansir situs duniafitnes.com, berikut di antaranya:

Lobak

Aroma lobak memang kurang “bersahabat” bagi hidung Anda. Tetapi, kandungan nutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan mengalahkan aromanya. Kandungan betakarotennya bermanfaat meningkatkan metabolisme dan menjaga kesehatan mata. Lobak juga diperkaya dengan vitamin C, asam folat, potasium, vitamin B-6, riboflavin, magnesium, dan kalsium.

Berbagai nutrisi penting inilah yang menjadikan lobak sebagai makanan sehat untuk mencegah flu, batuk, hingga kanker. Potasium juga berfungsi untuk mencegah proses dehidrasi yang merupakan celah menurunnya daya tahan tubuh dan fungsi keseluruhan tubuh dalam melawan penyakit.

Brokoli

Diperkaya dengan kandungan zat phytochemical indoles, sebuah komponen natural yang bekerja sama dengan vitamin, mineral, dan serat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. brokoli juga mengandung sulforaphane yang dapat meningkatkan produksi enzim di dalam tubuh untuk melawan pertumbuhan sel kanker. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement