Jumat 22 Mar 2013 21:15 WIB

7 Pose Yoga Berisiko yang Perlu Diperhatikan (7-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Pose Urdhva Dhanurasana
Foto: Total Beauty
Pose Urdhva Dhanurasana

REPUBLIKA.CO.ID, DALLAS -- Ketika anda melakukan pose yoga tertentu, anda perlu berhati-hati akan risiko nyeri punggung yang ditimbulkan. Latihan yoga paling sederhana sekalipun mungkin menyebabkan nyeri punggung.

Bagaimana cara terbaik untuk tetap aman beryoga? Anda sebaiknya memperhatikan tujuh posisi berikut dalam yoga, dikutip dari Total Beauty, Jumat (22/3).

7. Pose Urdhva Dhanurasana

Posisi ini harus dilakukan dalam kondisi punggung anda sehat. Bahu anda harus memiliki fleksibilitas yang baik. Untuk mengujinya, angkat tangan anda lurus di atas kepala anda. Lurus sempurnakah tangan anda?

Jika tidak, anda tak perlu khawatir, banyak orang tak bisa bekerja pada pose seperti ini. Untuk meningkatkan fleksibilitas bahu, anda bisa mengimbanginya dengan kekuatan tubuh bagian atas.

Persiapan yang baik untuk membentuk pose menyerupai roda ini adalah bentangkan fleksor pinggul anda dan ciptakan tikungan. Sebetulnya ada semacam alat peraga yang bisa membantu anda membuat lengkungan seperti roda, namun ini harus dilakukan di bawah bimbingan seorang instruktur yoga yang terampil. Tanpa penyesuaian, otot anda mungkin terbebani sehingga anda bisa nyeri dan kejang.

Salah satu cara umum untuk menyesuaikan pose roda atau urdhva dhanurasana ini adalah ambil tekanan dari punggung anda untuk mengalirkan tekanan ke tangan anda yang akan menopang tubuh anda.

Ini membantu mengurangi tekanan gerakan tulang belakang yang  tak diinginkan dan memberikan daya angkat lebih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement