Rabu 06 Mar 2013 23:23 WIB

Hati-Hati.. Minum Air Terlalu Banyak Ternyata Berbahaya

Meminum air (ilustrasi).
Foto: extension.usu.edu
Meminum air (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda termasuk orang yang seringkali meneguk air putih? Hati-hati, terlalu banyak minum ternyata berbahaya bagi kondisi tubuh.

"Minum terlalu banyak air bisa memicu hiponatremia, yaitu menurunnya kadar natrium dalam tubuh. Ini bisa berakibat fatal," kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam FKUI-RSCM Parlindungan Siregar di Jakarta, Rabu (6/3).

Parlindungan mengungkapkan, kekurangan natrium dalam tubuh yang terjadi secara lambat bisa menyebabkan penderita mudah mengantuk. Bila terjadi secara cepat, kekurangan natrium bisa menyebabkan kematian.

Natrium atau sodium merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh, sebagai penjaga kadar garam dalam darah.

Kekurangan natrium dalam tubuh dapat menyebabkan volume darah menurun sehingga tekanan darah menurun, namun denyut jantung meningkat tajam.

Natrium juga penting untuk penyerapan glukosa di dalam usus dan ginjal.

"Maka sebaiknya jangan meminum air lebih dari empat liter per 24 jam, karena kadar natrium bisa menurun. Selanjutnya, pada manula jangan konsumsi air lebih dari 1,5 liter per 24 jam," saran Parlindungan.

Parlindungan menambahkan kadar natrium dalam tubuh manula sudah mengalami pengurangan sehingga konsumsi air yang terlalu banyak bisa memperburuk kadar natrium dalam tubuh.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement