Rabu 20 Feb 2013 10:21 WIB

Bagaimana Tabir Surya Bekerja? (2)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Pakai krim tabir surya
Foto: thestylespy.com
Pakai krim tabir surya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tabir surya digunakan untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya, yaitu sinar ultraviolet. Ada dua jenis sinar UV yang dilawan oleh tabir surya. Pertama, UVA, ini merupakan sinar matahari dengan gelombang terpanjang dan bisa menembus kulit. UVA bisa menyebabkan masalah pada sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan penuaan dini.

Kedua adalah UVB, sinar matahari dengan gelombang terpendek. Ini yang menyebabkan kulit anda terbakar dan menghitam. Kedua sinar ini merusak kulit. Bagaimana sebetulnya tabir surya itu bekerja pada kulit anda?

Berikut penjelasannya, dikutip dari SymptomFind, Selasa (19/2).

Tabir surya yang terdiri dari bahan-bahan yang mengandung pewarna dan pewangi biasanya menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Bahan kandungan tabir surya lainnya adalah PABAs, paraben, oxybenzone, palmitat retinil, dan propilen glikol yang menyebabkan photosensitivity, kulit kering dan efek berbahaya lainnya. Jadi, jika anda khawatir menggunakan bahan kimia tabir surya, maka anda bisa mencari mencari tabir surya yang tidak mengandung zat-zat tersebut.

Selain memperhatikan kandungan dan bahan, ada beberapa hal lain yang perlu anda pertimbangkan ketika memilih tabir surya. Pertama, perhatikan kandungan SPFnya. SPF merupakan faktor pelindung matahari. Kandungan SPF adalah ukuran seberapa baik bahan itu aktif menyerap sinar UVB. Tak ada standar untuk mengukur seberapa baik kandungan SPF untuk menyerap UVA.

Kandungan SPF dihitung dengan berapa lama produsen yakin bahwa tabir surya itu bisa mengatasi sinar matahari berbahaya. Biasanya, ahli dermatologis merekomendasikan menggunakan SPF minimal 30. Sebab, SPF 30 bisatetap berfungsi dengan aman, meskipun disaat anda mencucui tangan anda, berwudhu, atau ketika anda berkeringat.

SPF yang lebih tinggi, seperti SPF 45 atau SPF 60 juga banyak tersedia. Namun, kandungannya kurang baik bekerja pada kulit. Faktor lain yang juga perlu diperhatikan adalah seberapa lama tabir surya yang anda pakai melindungi anda dari UVA dan UVB. Sebab, kulit anda harus terlindungi dari semua jenis sinar ultraviolet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement