Kamis, 6 Muharram 1436 / 30 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Cara Ampuh Mengusir Tikus

Selasa, 12 Februari 2013, 21:00 WIB
Komentar : 3
hileud
tikus
tikus

REPUBLIKA.CO.ID,Anda sering merasa kesal dengan keberadaan tikus? Mengusir tikus juga kerap kali menjadi pekerjaan yang tak mudah karena tikus susah di tangkap. Berbagai cara pengusir tikus juga dirasa kurang membantu. Tapi ada beberapa hal berikut yang patut Anda coba. Karena selain takut sama kucing, tikus bisa diusir dengan cara unik berikut.

1. Peppermint (Daun mint)
Cara yang pertama cukup mudah, dengan membeli beberapa ikat daun mint kemudian diambil sarinya dan larutkan ke dalam air. Setelah larut semprotkan cairan mentol tersebut ke tempat-tempat sarang tikus atau tempat yang sering dilalui tikus. Tikus sangat membenci aroma daun mint ini, sehingga ia akan menghindari tempat yang berbau daun tersebut. Atau jika Anda ingin lebih berhemat, Anda bisa menaman pohon mint disekitar rumah. Selain bermanfaat bagi kesehatan, daun mint pun dapat mengusir tikus-tikus yang berusaha masuk ke rumah.

2. Soda Pop (Bom Soda)
Cara yang kedua bukan saja unik tapi juga lucu. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tikus tidak mampu bersendawa ataupun mengeluarkan gas dari tubuhnya. Untuk itulah cairan ataupun bubuk baking soda dijadikan sebagai salah satu bahan untuk mengusir tikus. Anda hanya perlu mencampurkan cairan soda ataupun seruk baking soda ke dalam makanan yang disenangi tikus. Dijamin tikus bakal kapok mencuri makanan di rumah Anda. Cona Anda bayangkan saja, ia tidak mampu mengeluarkan gas yang hasil reaksi cairan soda dengan asam di dalam perut. Kembung deh!

3. Saus Cabai, Air dan Deterjen Pakaian
Cara yang ketiga dilakukan untuk yang hobi berburu. Yakni dengan mencampurkan saus cabai terpedas dengan deterjen pakaian kemudian dilarutkan ke dalam air di dalam botol spray. Nah, pemburu tikus rumah harus siap siaga dengan botol spray pedas di sampingnya. Sehingga ketika muka tikus atau bagian bokong tikus muncul tinggal Ansa semprot. Catatan penting, hati-hati menggunakan dan menyimpan cairan ini karena cukup berbahaya terutama jika terkena mata!

4. Ammonia
Ammonia merupakan zat yang terkandung di dalam urin manusia. Cairan tersebut bisa mengusir tikus nakal yang bersembunyi di sudut-sudut rumah. Caranya dengan menyemprotkan ammonia ke daerah-daerah yang dihuni atau dilewati tikus. Ammonia tersebut berfungsi untuk menghilangkan tanda kekuasaan tikus. Sehingga tikus akan tersesat dan mencari teritori baru. Tikus menandai daerah kekuasaanya dengan air kencingnya sendiri. Dengan menyemprotkam ammonia yang berbeda maka jejak dan kekuasaanya akan hilang. Tapi yang perlu diingat jangan juga terlalu banyak menyemprotkan ammonia terlalu banyak jika seisi rumah tidak ingin bau pesing.

5. Suara Aneh
Yang terakhir adalah menggunakan perangkat apapun yang dapat mengeluarkan bebunyian aneh. Cara in merupakan salah satu cara yang cukup ampuh. Anda bisa menggunakan mainan yang masih berfungsi namun sudah tidak terpakai, kemudian meletakkannya di tempat-tempat yang selalu didatangi ataupun dilalui oleh tikus. Selain membenci bunyi jangkrik, kucing dan anjing, tikus ini selalu merasa terganggu dengan bunyi-bunyian aneh –yang belum pernah ia dengar sebelumnya.

 

Reporter : Niken Paramitha Wulandari
Redaktur : M Irwan Ariefyanto
Sumber : Uniknya.com
Dan jagalah dirimu dari (azab) hari (kiamat, yang pada hari itu) seseorang tidak dapat membela orang lain, walau sedikitpun; dan (begitu pula) tidak diterima syafaat dan tebusan daripadanya, dan tidaklah mereka akan ditolong. (QS.Al-Baqarah [2]:48)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Peduli Keamanan, Motor Metik Ini Terus Berinovasi
JAKARTA -- Meningkatkan faktor keamanan, Honda akan benamkan teknologi Combi-Brake System (CBS) dan Idling Stop System (ISS) pada motor matiknya. Division Head Sales Division...