Ahad 06 Jan 2013 08:04 WIB

Sepuluh Penyebab Bibir Pecah-pecah (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Fernan Rahadi
Bibir pecah-pecah
Foto: healthcentral.com
Bibir pecah-pecah

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kulit kering itu rasanya sangat buruk. Apalagi jika bibir pecah-pecah, rasanya pasti lebih buruk. Ini adalah perasaan yang sulit untuk disingkirkan dan dapat membuat anda kesal dan lelah.

Apa sebenarnya pangkal masalah bibir pecah-pecah ini? Berikut adalah penyebab umumnya, dikutip SymptomFind berdasarkan riset Mayo Clinic Amerika, Ahad (6/1).

6. Pasta gigi

Pernahkah anda merasa setelah anda menyikat gigi rasanya bibir pecah-pecah? Itu karena banyak jenis pasta gigi mengandung sodium lauryl sulfate. Bahan ini menyebabkan kulit mengering dan sebagiannya menyebabkan iritasi kulit.

Dalam beberapa kasus, hal ini bisa menyebabkan dermatitis perioral, iritasi pada bibir dan mulut. Jika pasta gigi anda menyebabkan masalah bagi anda, berhenti menggunakan pasta gigi itu dan mencari jenis pasta gigi lainnya yang tak mengandung sodium lauryl sulfate.

7. Kepanasan atau kering dingin

Cuaca dingin merupakan penyebab umum dari bibir pecah-pecah. Jika anda keluar rumah pada saat cuaca dingin, usahakan mengenakan lip balm dan memakai syal di sekitar mulut anda untuk melindungi bibir anda. Demikian juga pada cuaca sangat panas.

8. Buah citrus

Asam dalam buah jeruk dapat mengiritasi bibir dan beberapa jenis jeruk bisa mengakibatkan bibir anda menjadi sensitif terhadap matahari. Ini bisa menyebabkan bibir pecah-pecah.

Sebelum mengonsumsi jeruk banyak, ada baiknya anda menggunakan lip balm untuk melindungi bibir anda saat makan. Cinnamates yang digunakan dalam permen-permen tertentu juga memiliki efek sama, mengeringkan bibir.

9. Terlalu banyak vitamin A

Jika anda terlalu banyak mengonsumsi vitamin A atau mengonsumsi suplemen terlalu banyak, maka dapat menyebabkan bibir pecah-pecah juga. Jika anda mengambil lebih dari 25 ribu IU vitamin A per hari, berarti anda terlalu banyak mengonsumsi vitamin ini.

10. Kondisi tertentu setelah pengobatan

Resep obat tertentu, khususnya Accutane prokloperazin, dan propranolol, bisa menyebabkan bibir pecah-pecah. Bibir anda menjadi lebih sensitif terhadap matahari.

Jika anda memiliki penyakit autoimun, maka gunakanlah lip balm dengan SPF 15. Penyakit tiroid atau psoriosis juga menyebabkan kekeringan pada bibir. Parleche, atau sakit karena infeksi jamur juga bisa menyebabkan kekeringan di sekitar mulut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement