Ahad 06 Jan 2013 07:10 WIB

Sepuluh Penyebab Bibir Pecah-pecah (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Fernan Rahadi
Bibir pecah-pecah
Foto: healthcentral.com
Bibir pecah-pecah

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kulit kering itu rasanya sangat buruk. Apalagi jika bibir pecah-pecah, rasanya pasti lebih buruk. Ini adalah perasaan yang sulit untuk disingkirkan dan dapat membuat anda kesal dan lelah.

Apa sebenarnya pangkal masalah bibir pecah-pecah ini? Berikut adalah penyebab umumnya, dikutip SymptomFind berdasarkan riset Mayo Clinic Amerika, Ahad (6/1).

1. Menjilat bibir

Ketika anda merasa bibir anda kering dan pecah-pecah, anda mungkin cenderung menjilatinya atau membasahinya dengan lidah. Sayangnya, perilaku ini sifatnya hanya sementara.

Di saat bibir kering lagi, maka anda akan menjilatnya sekali lagi. Kebiasaan ini tidak baik karena hanya memperburuk keadaan. Jadi, anda sebaiknya menghentikannya.

2. Dehidrasi

Jika anda tak cukup minum di siang hari, bibir anda pasti akan pecah-pecah. Pastikan anda minum banyak cairan, khususnya air putih.

3. Alergi

Ada banyak alergi yang bisa menyebabkan bibir pecah-pecah. Termasuk, alergi terhadap kobalt dan nikel. Jika anda terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin B12, maka anda akan memiliki kelebihan kobalt dan mengakibatkan bibir kering dan tampak berkerak.

Jika anda alergi terhadap nikel, pastikan anda tidak menempatkan logam di dekat mulut anda, termasuk klip kertas. Jika anda berencana untuk memasang cincin bibir, pastikan itu tidak mengandung nikel.

Bahan-bahan dalam lipstik dan pasta gigi juga bisa menyebabkan bibir pecah-pecah. Jika pasta gigi anda mengandung guaiazulane, atau jika lipstik anda mengandung gallate propil atau salisilat fenil (salol), maka bibir pecah-pecah anda mungkin akibat dari alergi terhadap zat-zat itu.

Alangkah baiknya jika anda berhenti menggunakan produk-produk tersebut. Alergi terhadap makanan atau bahan makanan, seperti buah ara atau pewarna merah makanan, juga bisa menyebabkan bibir pecah-pecah.

4. Tidak menggunakan lip balm

Jika anda tidak melindungi bibir anda dengan lip balm, maka bibir anda bisa pecah-pecah. Carilah lip balm yang memiliki sunblock di dalamnya untuk perlindungan ekstra, atau cukup mengoleskan sedikit tabir surya pada bibir anda sebelum anda meninggalkan rumah. Menjaga bibir anda setiap hari akan menghindari mereka dari kekeringan.

5. Bernafas melalui mulut

Jika anda punya kebiasaan sering bernapas lewat mulut, maka anda membiarkan udara kering terus melewati bibir anda. Orang yang suka mendengkur atau sleep apnea memiliki masalah ini dan sering terbangun dengan bibir pecah-pecah juga. Dalam setiap situasi ini, akan lebih baik jika bibir anda lembab sepanjang hari, terutama sebelum tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement