Kamis 03 Jan 2013 07:15 WIB

Enam Hal yang Perlu Dikendalikan Ibu Hamil (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Fernan Rahadi
Ibu hamil (ilustrasi).
Foto: Wordpress.com
Ibu hamil (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Keguguran atau kehilangan kehamilan adalah proses yang menyakitkan hati dan sangat sulit dilupakan. Wanita hamil sangat penting untuk membentengi dirinya dengan kasih sayang dari keluarga dan orang-orang yang dicintainya.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dikendalikan ibu hamil, dikutip dari SymptomFind, Kamis (3/1).

4. Asuh dan lindungi diri

Keputusan ada di tangan anda ketika anda memutuskan untuk melanjutkan kehamilan atau tak ingin hamil lagi. Orang lain mungkin tak memahami bagaimana trauma keguguran itu sebenarnya.

Ada baiknya, jika anda sempat mengalami keguguran, maka sebaiknya mengambil cuti dari pekerjaan jika diperlukan. Jika anda masih trauma hamil, maka jangan paksakan diri anda untuk mengikuti pertemuan yang terkait anak-anak. Ambillah satu hari penuh untuk menenangkan diri anda sendiri, hanya anda sendiri.

5. Buatlah kenangan

Untuk beberapa wanita, banyak cara untuk menyembuhkan trauma keguguran. Misalnya menyalakan lilin, atau menanam pohon untuk menjadi kenang-kenangan. Menyibukkan diri dengan sederet aktivitas ringan akan membuat duka anda hilang dan penyembuhan anda semakin sukses.

6. Tetap maju

Jika anda sudah sembuh dari trauma keguguran, maka tak ada salahnya anda mencoba memiliki bayi sekali lagi. Sebaiknya anda mendatangi dokter yang bisa menjawab seua pertanyaan anda dan meminimalkan risiko kehilangan kehamilan.

Keguguran juga merupakan hasil dari kondisi medis lainnya. Banyak wanita yang sudah mengalami keguguran masih mampu membawa kehamilan yang sehat dan melahirkan bayi yang sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement