Jumat, 27 Safar 1436 / 19 Desember 2014
find us on : 
  Login |  Register

Ketagihan Makanan Ini? Waspadai Dampak Buruknya (1)

Senin, 24 Desember 2012, 06:46 WIB
Komentar : 1
Reuters
Seorang Turis mengabadikan melalui kameranya replika kentang goreng klasik.
Seorang Turis mengabadikan melalui kameranya replika kentang goreng klasik.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Saat mencobanya di gigitan pertama, anda mungkin berpikir itu hanya satu gigitan saja. Tapi kenyataannya, makanan itu membuat anda ketagihan. Satu gigitan itu berlanjut ke gigitan berikutnya.

Ini dia 10 jenis makanan yang membuat anda ketagihan, dikutip dari SymptomFind, Senin (24/12). Sayangnya, zat aditif yang terkandung di dalamnya sangat berbahaya bagi tubuh anda.

1. Keripik kentang (potato chips)

Potato chips adalah slogan keripik kentang yang mustahil hanya anda nikmati satu gigitan saja. Apa yang membuat keripik kentang menjadikan anda begitu ketagihan? Jawabannya adalah garam.

Garam memicu pusat kesenangan di otak. Ini membuat anda kesulitan untuk berhenti mengunyahnya. Sayangnya, jika anda terlalu banyak mengonsumsi garam, itu akan mengantar tubuh anda ke dalam kekacauan.

Jika tubuh mengonsumsi banyak garam, maka kelebihan garam itu akan dibuang melalui urin. Sayangnya, jika ginjal tak cukup cepat memproses itu, maka kelebihan garam akan disimpan di dalam sel-sel darah anda. Inilah yang kemudian menyebabkan seseorang mengalami kekurangan kalium dan akhirnya menderita tekanan darah tinggi.

2. Kentang goreng (french fries)

Kentang goreng adalah umbi lezat yang sulit ditolak seseorang jika tersaji di depan mata. Kentang panas yang diproses dengan cara dibakar atau digoreng, lalu mencampurkannya dengan sedikit garam, sifatnya sama dengan kokain. Dia membuat ketagihan di otak anda. Padahal, kentang itu mengandung banyak karbohidrat yang jika digoreng dalam minyak kental, dicampur garam, kemudian dikonsumsi terlalu banyak akan membahayakan kesehatan.

3. Roti mentega

Anda mungkin baru saja duduk manis di sebuah restoran. Seorang pelayan kemudian membawakan anda sekeranjang roti segar berbalut mentega dan keju. Secara langsung, perut anda akan menagih anda memakannya sepotong. Sayangnya, anda tak hanya memakannya sepotong, melainkan dua hingga tiga potong.

Produk tepung halus yang menjadi bahan pembuat roti, jika dimakan teratur, tak akan membahayakan tubuh. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi, sama banyaknya dengan mengonsumsi nasi, maka itu hanya meningkatkan kadar gula atau karbohidrat dalam tubuh anda. Terlalu banyak makan roti bisa menyebabkan penyakit gula.

Reporter : Mutia Ramadhani
Redaktur : Dewi Mardiani
Ada seorang lelaki berkata kepada Nabi SAW: "Berilah aku nasihat!" Beliau menjawab: "Jangan marah" Orang itu berulangkali meminta supaya dirinya dinasihati, maka Rasulullah SAW tetap mengatakan: "Jangan marah!" (HR. Bukhari)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Andien Lebih Ngepop di Album Baru
JAKARTA --  Andien meluncurkan album keenamnya, "Let It Be My Way". Di album teranyarnya ini, Andien coba menyuguhkan alunan musik yang berbeda dari...