Kamis 20 Dec 2012 15:16 WIB

Udara Dingin Bikin Perempuan Gampang Galau, Kok Bisa?

Sedih, jangan pernah putus asa
Sedih, jangan pernah putus asa

REPUBLIKA.CO.ID, Menurut penelitian terbaru, wanita kerap mendapatkan perasaan “blues” atau galau saat di musim dingin, terutama saat di gelap malam hari dan suhu dingin yang membuat mereka sulit untuk keluar rumah.

Tak hanya itu, kurangnya siang hari juga bisa membuat wanita merasa sedih. Menurut para ahli, kebanyakan orang merasa sedih dari waktu ke waktu di musim dingin dan banyak yang menderita gangguan afektif musiman (Seasonal Affective Disorder).

Sedih adalah jenis depresi yang diduga disebabkan oleh kurangnya sinar matahari di siang hari, menurut Dr. Rob Hicks, seorang wartawan medis dan praktisi Umum.

Wanita hampir dua kali lebih banyak (28 persen) ketimbang pria (15 persen) yang mengaku mencari hiburan dengan makan dan ngemil makanan ringan karbohidrat-berat pada saat musim dingin tiba.

Sebanyak 77 persen wanita dan 64 persen pria mengatakan bahwa pengurangan waktu siang hari secara negatif mempengaruhi kebiasaan makan mereka.

Dan, sebanyak 37 persen wanita mengaku semakin pendeknya waktu siang hari cenderung membuat mereka terpaksa terus di dalam rumah, dibandingkan dengan 28 persen pria, menurut hasil survei Anglian Home Improvements.

“Kurangnya cahaya matahari diyakini mengganggu keseimbangan kimia di otak dan mengacaukan jam internal tubuh. Kekurangan ini akan menghasilkan terlalu banyak melatonin, hormon yang membuat kita merasa lelah dan siap untuk tidur, dan tidak cukup akan serotonin, hormon yang membantu kita merasa bahagia,” ujar Hicks seperti dikutip Zeenews.com.

“Menghabiskan waktu sebanyak mungkin untuk terpapar sinar matahari dapat membantu mengangkat suasana hati. Anda bisa mencobanya dengan cukup berada luar rumah atau ketika di dalam ruangan, mendekatlah ke jendela. Jika berada di dalam ruangan, carilah ruang yang banyak terkena sinar matahari. Ini pilihan yang sangat baik,” tambah Hicks.

sumber : duniafitnes.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement