Kamis 20 Dec 2012 09:11 WIB

Cemas Impotensi? Simak Dulu Pemicunya

Disfungsi ereksi yang dapat menimbulkan stres/ilustrasi
Foto: militarymentalhealth.org
Disfungsi ereksi yang dapat menimbulkan stres/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Impotensi adalah keadaan dimana seorang pria tak dapat melakukan ereksi. Penyebabnya, demikian para ahli menyebutkan, bisa problema fisik maupun kejiwaan. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan impotensi:

> Rokok: Sebuah studi yang dilakukan kedokteran Singapura menemukan, rokok dapat menyebabkan impotensi -- setidaknya menurunkan kejantanan seorang pria.

> Alkohol: Tak seperti pendapat yang beredar di masyarakat luas -- di kita nampak, misalnya, pada iklan sebuah bir -- peminum alkohol mengalami penurunan kejantanan.

> Diabetes: Diabetes memicu impotensi, karena penderita diabetes mengalami kerusakan syaraf, kelenjar, dan darah yang berhubungan dengan kemampuan kontrol kejantanan seorang pria.

> Abnormalitas peredaran darah di seputar alat kelamin: Kejantanan berhubungan dengan jaringan pembuluh darah. Bila darah ke alat kelamin kurang, kejantanan menurun.

> Medik: Beberapa tindakan pengobatan menyebabkan efek samping lumpuhnya kejantanan. Misalnya, untuk tindakan medis yang ditujukan bagi menurunkan tekanan darah tinggi, psikosis, atau depresi.

> Kelainan alat kejantanan atau adanya traumatis fisik.

> Kecelakaan atau sakit. Kecelakaan yang merusakkan tulang belakang dapat menimmbulkan impotensi. Demikian pula adanya penyakit seperti pengapuran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement