Selasa 06 Nov 2012 04:31 WIB

Segelas Air Putih di Pagi Hari Baik untuk Kesehatan, Asal...

Minum air putih
Minum air putih

REPUBLIKA.CO.ID,Dokter cenderung tidak sependapat dengan kepercayaan tradisional bahwa minum segelas air putih di pagi hari adalah cara efektif untuk mengatasi sembelit.

Sebagian orang percaya segelas air dingin yang segera diminum habis saat bangun pagi efektif memberikan kejutan kepada sistem tubuh.

Sebagian orang lainnya percaya manfaat itu ada jika air yang diminum agak hangat, sebagian lainnya menganggap air dingin atau air hangat  untuk tujuan itu hanya sebuah dongeng.

"Beberapa orang yang mengalami sembelit, berhasil mengatasi dengan meminum segelas air putih setelah bangun pagi dan mereka terus melakukannya untuk waktu yang lama. Namun pasien lain tidak mendapat hasil apa-apa dari cara tersebut," kata dokter di Pusan National University Hospital, Lee Bong-eun seperti dikutip oleh Chosun Ilbo.

"Teorinya, pencernaan belum aktif sesaat setelah bangun tidur dan dalam keadaan perut kosong, jadi segelas air putih bisa menstimulasi sistem pencernaan dan melembutkan isi pencernaan," katanya.

Namun, Lee mengatakan bahwa cara ini bisa meberikan efek yang berbeda di setiap orang. Dia juga menyarankan untuk orang-orang yang sudah menggunakan cara ini agar mengganti air dingin dengan air hangat.

"Meneguk air dingin dalam keadaan perut kosong lebih banyak memberikan efek jelek dibandingkan efek baik untuk pencernaan," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement