Selasa 30 Oct 2012 07:39 WIB

Lansia Rentan Alami Malnutrisi

Lansia (ilustrasi)
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Lansia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Malnutrisi juga rentan terjadi pada usia lanjut atau usila, sehingga mempercepat proses gangguan fungsi tubuh, kata ahli geriarti dari FKUI-RSCM, DR.Dr. Siti Setiati, SpPD, FINASIM. Pada jumpa pers di Jakarta, Senin, Siti memaparkan bahwa ada serangkaian masalah yang akan timbul bila masalah malnutrisi ini tidak segera diatasi.

"Yang pertama terjadi adalah, bila terjadi luka, akan lama sembuhnya. Otot juga mengecil sehingga tidak punya kekuatan untuk berjalan, lemas lalu sering terjatuh," ujar Siti.

Meningkatnya risiko komplikasi dan infeksi karena penurunan imunitas tubuh juga menjadi ancaman yang serius menurut Siti. "Ini disebabkan karena tubuh tidak mendapat asupan nutrisi, sehingga daya tahan tubuh menjadi tidak bagus," jelas Siti.

Selain itu, Siti juga memaparkan bahwa meningkatnya risiko kematian dan menurunnya kualitas hidup, juga masalah yang ditimbulkan karena malnutrisi.

Malnutrisi tidak hanya dipahami karena status gizi kurang, tapi bisa kelebihan atau terjadi ketidakseimbangan protein, energi, dan zat gizi lain yang menyebabkan gangguan fungsi tubuh.

"Dengan memperbaiki nutrisi, status kesehatan bisa menjadi lebih baik. Selain itu, aktivitas fisik atau olah raga ringan juga sangat penting untuk usila, supaya tubuh tetap sehat," demikian Siti.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement