Senin 29 Oct 2012 10:36 WIB

5 Penyakit Manula yang Mengintai Anak Muda (2)

Stroke
Stroke

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stroke. Ketika mendengar penyakit yang satu ini, pikiran Anda bakal melayang ke seseorang yang sudah tua renta yang tidak bisa melakukan apa-apa. Padahal, penyakit ini tidak hanya mengintai manula, tapi juga anak muda yang memiliki gaya hidup 'serampangan' alias tidak sehat.

2. Stroke

Penyakit ini merupakan salah satu yang paling ditakuti. Karena jika sudah terserang penyakit ini, seseorang bisa menderita kelumpuhan. (baca: 5 Penyakit Manula yang Mengintai Anak Muda Intro).

Ya, penyakit yang kebanyakan menyerang mereka yang sudah berusia lanjut itu adalah stroke. Penyakit ini adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke salah satu bagian otak tiba-tiba terganggu. (baca: 5 Penyakit Manula yang Mengintai Anak Muda 1).

Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi biokimia yang dalam merusak atau mematikan sel-sel saraf di otak. Disfungsi atau kematian jaringan otak dapat menyebabkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu.

Di Amerika Serikat, stroke menjadi penyebab kematian ketiga. Sebenarnya kondisi tersebut tidak hanya terjadi di Negeri Paman Sam saja, tetapi juga di Indonesia. Jika bisa diselamatkan, penderita kadang mengalami kelumpuhan di anggota badannya, hilangnya sebagian ingatan serta kemampuan bicara yang berkurang.

Stroke terjadi karena cabang pembuluh darah terhambat oleh emboli yang bisa berupa kolesterol atau udara. Meski kebanyakan kasus penyakit ini terjadi pada mereka yang berusia di atas 50 tahun. Tapi jangan salah, stroke juga bisa menyerang mereka yang berusia muda, bahkan pada usia 20 hingga 30 tahun.

Mereka yang kecanduan rokok sepertinya harus mulai berpikir menghentikan kebiasannya. Soalnya, merokok merupakan salah satu faktor yang bisa melipatgandakan peluang terserang stroke.

Faktor lainnya adalah gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, dan kolesterol tinggi. Menurut kepala Cleveland Clinic Stroke Program, Dokter Shazam Hussain. Penyakit-penyakit yang bisa menimbulkan stroke harus dikendalikan.

Selain itu, mereka yang masih muda juga harus meninggalkan kebiasaan yang tidak sehat karena pola hidup yang tidak baik, membuka peluang besar terjadinya stroke.

sumber : Uniknya.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement