Selasa 23 Oct 2012 03:00 WIB

Gula Juga Baik untuk Kesehatan

Ilustrasi.
Foto: Wordpress
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seringkali dikabarkan bahwa gula tidak baik bagi kesehatan, namun dalam beberapa cara gula justru dapat menyehatkan dan memberikan beberapa keuntungan, sebagaimana dilansir dari laman Boldsky.

Gula adalah makanan yang paling cepat untuk memberikan energi tambahan. Gula secara cepat menjadi fruktosa untuk mengirim glukosa ke dalam aliran darah. Banyak atlet menggunakan gula untuk menambahkan energi secara instan. 

Orang yang menderita tekanan darah rendah, disarankan untuk mengkonsumsi cukup gula untuk meningkatkan tekanan darah hingga batas normal. Namun seberapa kadar gula yang harus dikonsumsi harus diperiksa oleh tenaga medis, supaya asupan gula tetap dalam kondisi aman.

Asupan gula juga sangat dibutuhkan untuk orang yang mengalami kekurangan berat badan. Kelebihan kalori di dalam tubuh, yang disebabkan oleh gula, dapat menambahkan bobot tubuh seseorang. Namun bila Anda sudah memiliki cukup lemak, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi gula terutama gula buatan.

Gula merupakan salah satu makanan yang mengandung zat adiktif cukup tinggi, sehingga bahan makanan ini seringkali digunakan oleh para terapis untuk mengatasi kecanduan terhadap alkohol dan rokok.

Gula adalah bahan makanan yang tinggi kalori, oleh sebab itu makanan yang mengandung gula sangat baik untuk menghalau rasa lapar.

Dalam beberapa hal, gula memang baik untuk kesehatan Anda, namun yang harus diingat adalah, terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat menyebabkan obesitas, peyakit jantung, bahkan diabetes. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dan perhatikan konsumsi gula Anda.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement