Kamis 11 Oct 2012 01:10 WIB

Sepuluh Tips untuk Kesehatan Mental

ilustrasi
Foto: www.sxc.hu / Radio National
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Lembaga non-profit di Australia, Mental Health Council of Australia (MHCA) yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kepedulian soal kesehatan mental, kembali mengkampanyekan Hari Kesehatan Mental Dunia yang dicanangkan lembaga kesehatan PBB, WHO.

Pada Tahun ini, tema Hari Kesehatan Mental Dunia yang diusung MHCA adalah siapapun kita dan dimanapun kita tinggal, kita tidaklah tinggal sendiri. Tujuan dari tema ini adalah untuk meningkatkan diskusi dan pembicaraan soal kesehatan mental.

Selain itu tahun ini pun MHCA menekankan pentingnya mencari bantuan dan upaya pencegahan bagi mereka yang mengalami tekanan. MHCA juga membagikan 10 tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental, seperti dikutip ABC, Rabu (10/10).

1. Rencana hidup

Ada baiknya kita selalu fokus pada tujuan hidup dan tetap tenang dalam menjalani hidup. Ada baiknya ada melakukan perencanaan dengan menulis tujuan-tujuan hidup baik, tujuan yang ingin dicapai dalam per-hari, per-minggu, per-tahun, maupun jangka panjang di masa depan. Dalam perencanaan ini, Anda dapat membuat daftar prioritas dan coba untuk mencapainya satu per satu. Tetapi ingat sebaiknya apa yang hendak diraih adalah hal yang realistis!

2. Lakukan diet yang sehat

Diet bukan saja berarti membatasi apa yang dimakan, tetapi juga memperhatikan apa yang dimakan. Usahakan apa yang Anda makan memiliki kandungan nutrisi yang sehat. Gizi yang baik tidak hanya saja baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental.

3. Mendengarkan musik

Dengarkanlah musik-musik yang dapat membuat Anda rileks dan dapat mengurangi stres. Musik-musik yang tenang ini bisa didengarkan saat Anda sedang bekerja atau belajar.

4. Istirahat yang cukup

Kurang tidur dapat meningkatkan stres, mengubah perasaan, kelelahan, dan menganggu kesehatan mental Anda. Segeralah beristirahat setelah Anda merasa lelah, meminum air hangat dan matikan TV atau alat-alat elektronik sebelum 30 menit menjelang tidur.

5. Kurangi ketergantungan

Kalau Anda kecanduan dengan rokok atau alkohol, maka kurangilah. Malah lebih bagus kalau misalnya Anda dapat berhenti merokok. Berhenti merokok bisa menjadi salah satu tujuan Anda. Hubungi dokter kalau Anda selalu merasa kesulitan saat berusaha berhenti merokok.

6. Mematikan alat-alat elektronik

Kurangi juga ketergantungan dan kecanduan Anda terhadap barang-barang elektronik seperti TV, DVD, telepon genggam, Video Games. Setidaknya lakukan ini 5 sampai 10 menit per hari. Sebagai gantinya, Anda bisa berolahraga atau berjalan-jalan keluar.

7. Bersosialisasi

Keberadaan Facebook memang memudahkan kita untuk bersilaturahmi, tetapi bersosialisasi dengan bertatap muka secara langsung adalah tetap memiliki kebahagiaan tersendiri. Hadirkanlah dalam hidup Anda orang-orang yang bisa membuat kita lebih bahagia dan produktif!

8. Menjadi orang yang lebih aktif

Bergabunglah dengan grup-grup yang dapat menyalurkan hobi, kegemaran, dan aktifitas-aktifitas positif lainnya. Anda juga bisa bergabung dengan pusat olahraga dan rekreasi. Menjadi orang yang lebih aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan seperti ini akan menjaga kesehatan mental Anda.

9. Berolahraga

Jangan salah, karena berolah raga, meski hanya 10-15 menit dapat ikut meningkatkan kesehatan mental Anda. Yang bisa dilakukan adalah berlari atau bahkan sekedar berjalan.

10. Cari dukungan atau pelayanan

Jika Anda memiliki masalah dalam kehidupan, merasa tertekan, dan sulit untuk menceritakannya kepada orang lain, maka Anda dapat pergi ke dokter untuk dapat membantu Anda. Jangan merasa takut dan malu, karena setiap orang pasti memiliki masalah hidup!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement