Selasa 28 Aug 2012 09:21 WIB

Susah Berhenti Merokok? Coba Cara Ini

Rep: Umi Lailatul/ Red: Hafidz Muftisany
Olahraga (ilustrasi).
Foto: Dok Republika
Olahraga (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi anda, perokok berat, tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini untuk meredakan keinginan merokok.  Olahraga, selain menyehatkan juga dapat mengurangi hasrat untuk merokok.

Sebuah penelitian seperti dikutip dari Dailymail melaporkan olahraga dapat membantu mengurangi ketagihan akan nikotin.

"Tentu saja olahraga hanya memiliki efek sementara. Namun, ini sangat dianjurkan,’’ kata Adrian Taylor, seorang profesor psikologi olahraga dan kesehatan di University of Exeter, yang memimpin penelitian.

Dalam penelitian itu, dibandingkan antara perokok yang berolahraga dan tidak berolahraga. Hasilnya menunjukkan perokok yang berolahraga memiliki keinginan untuk mengurangi merokok.

Profesor Taylor mengatakan, olahraga dapat berfungsi sebagai selingan ketika kita sedang aktif. Olahraga juga dapat meningkatkan mood seseorang sehingga bisa mengalihkan pikirannya dari rokok.

Di Inggris, ada sekitar 1-5 orang dewasa merokok per harinya. Namun, dua pertiga dari perokok tersebut berniat ingin berhenti merokok.

Setiap tahun ada sekitar 100 ribu orang meninggal akibat kanker paru-paru, jantung dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Dan pemicu dari penyakit tersebut adalah rokok. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement