Selasa 11 Apr 2017 09:42 WIB

Mengukur Kesehatan dari Jumlah Buang Air Kecil

Rep: Gita Amanda/ Red: Indira Rezkisari
Warga melintas di depan toilet portable di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (1/12).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Warga melintas di depan toilet portable di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (1/12).

REPUBLIKA.CO.ID, Buang air kecil merupakan bagian normal dari kehidupan manusia sehari-hari. Tapi frekuensi buang air kecil kerap diabaikan. Padahal dari jumlah buang air kecil, bisa diketahui kondisi kesehatan seseorang.

Dilansir Lifehack, dalam waktu 24 jam frekuensi normal untuk buang air kecil adalah 6-8 kali. Namun beberapa faktor dapat mempengaruhi frekuensi normal buang air kecil, seperti minum banyak cairan, jenis cairan yang dikonsumsi, dan beberapa obat yang mungkin dikonsumsi.

Selain faktor-faktor ini, peningkatan buang air kecil bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan, seperti infeksi kandung kemih, masalah prostat, kondisi jantung, pembengkakan kaki, atau infeksi saluran kemih. Jika Anda menemukan bahwa frekuensi buang air kecil Anda lebih dari jumlah normal 6-8 kali sehari Anda perlu waspada

Sebaiknya segeralah ke dokter untuk konsultasi. Kondisi kesehatan yang mengakibatkan sering buang air kecil, selalu lebih baik ketika diobati lebih awal. Ini untuk menghindari komplikasi atau infeksi menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Baca juga: Memilih Pisang yang Tepat untuk Kesehatan

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement